5 Kunci Mengatasi Kesulitan Menghafal Al Quran


Ilustrasi
bersamaislam.com -Pasti nya dalam proses fase mendekatkan diri kepada Allah itu ada aja cobaan yang datang dari berbagai sisi. Terkadang kita harus di paksa sabar, menahan amarah, menahan hawa nafsu, dan menjauhi semua larangan nya. Tak hanya sampai di sana, ada juga fase mendekatkan diri dengan Al quran. Jadi, di fase ini kita memperbanyak kegiatan atau interaksi kita dengan Al quran seperti menghafal, tilawah, ziyadah, dan muraja’ah.

Seperti di HAQIN ini, santri – santri nya di sibukkan dengan al quran. Mereka mengahafal Dari pagi hingga malam. Mereka sudah mengalami banyak sekali lika liku dalam menghafal. Mulai dari melawan rasa Kantuk, terbata bata dalam membaca, atau saat sedang tidak enak badan, mereka memaksa diri mereka untuk bisa mendapatkan lembar demi lembar
dari Al quran.

Terkadang mereka tertidur dalam posisi menghafal, terkadang juga di antara mereka tidak tidur sampai Tengah malam untuk mencapai target hafalan, bahkan ada yang sampai tidur sambil duduk. Tak terbayangkan begitu banyak lika liku yang mereka lewati. Akan tetapi, mereka lewati lika liku tersebut dengan Ikhlas.

Bagaimana cara santri Haqin melewati berbagai kesulitan menghafal?

Karena di Haqin santri nya lebih banyak berinteraksi dengan Al quran, pasti nya mereka sudah punya cara untuk mengatasi kesulitan dalam menghafal

  • 1.    Luruskan niat dan tujuan. Niatkan menghafal Al quran hanya karena untuk berharap Ridha Allah SWT.
  • 2.    Berdoa. Meminta pertolongan Allah agar di mudah kan dan di lancar kan dalam menghafal Al quran.
  • 3.   Tenang dan sabar. Dalam menghafal Al quran di perlu kan kesabaran dan ketenangan yang lebih, agar di mudah segala urusan termasuk dalam menghafal.
  • 4.    Baca dengan tartil. Bacalah dengan perlahan lahan asalkan benar sesuai huruf, harakat dan Panjang pendek nya.
  • 5.    Membaca arti dan makna ayat. Agar kita mengetahui ayat apa yang sedang kita baca atau hafal.

Ayo bergabung Bersama kami di Hafizh Quran Indonesia, dan Pemuda Bumi Langit. Info pendaftaran ada di link berikut:

http://haqin.in

https://haqin.in/penerimaan-santri-baru-pbl/


Post a Comment

0 Comments