Waktu Sholat Hajat yang Paling Mustajab dan yang Dilarang

Tata cara, doa, waktu dan niat sholat hajat
ilustrasi

bersamaislam.com - Sholat hajat adalah salah satu sholat sunnah yang dilakukan saat seseorang memiliki keinginan atau kemauan. Dengan melakukan sholat ini, umat Islam percaya bahwa hajat dan keinginan akan dikabulkan dengan cepat. Keinginan orang-orang yang melakukan sholat hajat bisa bermacam latar belakang, mulai dari keinginan untuk menikah, keinginan untuk terbebas dari segala macam masalah serta keinginan lainnya.

Namun dalam implementasinya, banyak orang masih bingung dengan waktu yang tepat untuk melakukan shalat yang lazimnya jarang dilakukan ini. Karena itu, tulisan ini akan menyajikan waktu sholat yang tepat dan tips agar keinginan kita terpenuhi setelah melakukan sholat tersebut.

Waktu Sholat Hajat

Sebenarnya tidak ada panduan khusus yang menyatakan kapan waktu sholat hajat yang tepat bagi umat Islam. Anda dapat melakukan sholat ini setiap kali Anda memiliki waktu, siang atau malam hari.

Namun, para ilmuwan berpendapat bahwa akan lebih baik jika sholat ini dilakukan pada sepertiga malam, sekitar pukul 01:00 sampai subuh pukul 05.00. Seperti diketahui, bahwa yang terakhir dari prosesi sholat pada sepertiga malam terakhir adalah berdoa. Berdoa pada jam-jam tersebut memiliki prioritas tersendiri dibanding waktu lainnya. Jadi jika niat kita harus dipenuhi, ada baiknya melakukan sholat pada jam tersebut.

Waktu Sholat yang Dilarang

Meski bisa dilakukan kapan saja, ternyata kita tetap harus memperhatikan peraturan lain terkait pelaksanaan sholat tersebut.

Disebutkan dalam hadits bahwa ada 3 kali larangan melakukan sholat, termasuk sholat hajat. Tiga waktu yang dilarang melakukan sholat adalah:

Waktu Syuruq, adalah saat ketika matahari mulai menampakkan diri setinggi tombak. Waktu syuruq biasanya berlangsung sekitar 15 menit.

Waktu Zhahirah, adalah matahari tepat di tengah langit, ciri-cirinya adalah saat kita berdiri, maka bayangan kita tidak akan terlihat lagi. Waktu Zahirah adalah beberapa saat sebelum waktu sholat Dzuhur tiba.

Waktu sholat hajat yang dilarang adalah saat matahari mulai terbenam penuh. Waktu ini memakan beberapa menit (sekitar 15 menit) sebelum waktu sholat Maghrib tiba.

Waktu Sholat Hajat yang Mustajab

Agar keinginan dikabulkan, tidaklah cukup kita hanya melakukan sholat hajat untuk satu waktu saja. Para ulama menyarankan agar kita bisa melakukan sholat sunnah ini selama 3 malam sampai 7 malam berturut-turut. Jumlah hari sholat hajat bisa disesuaikan dengan penting atau tidaknya tujuan yang kita inginkan.

Setiap melakukan sholat hajat, kita bisa melakukan sholat sunnah ini sebanyak 2 rakaat, 4 rakaat, 6 rakaat sampai 12 rakaat. Pelaksanaannya tentu saja diselesaikan setiap 2 rakaat. Artinya, setiap 2 rakaat Anda harus salam, lalu bangkit lagi untuk melakukan sholat ini lagi dan begitu seterusnya.

Nah, itulah sunnah tentang waktu sholat hajat yang harus dipenuhi. Satu hal yang harus Anda ingat, bila Anda punya waktu untuk melakukannya, ingatlah untuk khusyu' dan benar-benar dalam melakukan sholat ini. Dan jika Anda ingin keinginan Anda segera terpenuhi, lakukanlah sholat hajat ini di sepertiga malam terakhir setelah melakukan shalat tahajud. Semoga bermanfaat. Wallahu 'alam.