Keutamaan Penghafal Al-Qur'an

Ilustrasi

bersamaislam.com - Penghafal Al-Qur’an merupakan impian seluruh umat Islam. Al-Qur’an bukan hanya saja sebagai obat tapi juga sebagai pedoman hidup seluruh makhluk hidup. Oleh karena itu menjadi Penghafal Al-Qur’an adalah suatu kemuliaan tersendiri.

Bahkan anak usia dini pun sudah mulai berusaha untuk menggapai cita seluruh umat Islam. Tak khayal jika kini jumlah anak Penghafal Al-Qur’an di seluruh dunia mencapai 13 juta. Masya Allah pastinya kita sebagai muslim sangat bangga mendengar fakta tersebut.

Karena ketika hari Kiamat itu datang, seluruh ayat Al-Qur’an akan dicabut sehingga para Hafizh/Hafizhah lupa pada Al-Qur’an, Naudzubillah.

Apa aja sih keutamaannya menjadi Penghafal Al-Qur’an?

1. Menjadi Bagian Keluarga Allah

Pada suatu Hadist, Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia. ' Para sahabat bertanya, 'Siapa mereka wahai Rasulullah.' Beliau SAW menjawab, 'Mereka adalah Ahlul Qur'an, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khusus-Nya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).”

Siapa yang tidak ingin menjadi salah satu bagian dari Keluarga Allah SWT? Oleh karena itu, Hadist ini dijadikan motivasi terbesar bagi mereka yang sedang bersusah payah menghafal Al-Qur’an.

2. Satu Huruf yang dibaca Diberikan 10 Ganjaran Kebaikan

Mudah sekali bukan mendapatkan pahala? Setiap seseorang membaca 1 huruf dari setiap ayatnya maka ia diberikan ganjaran 10 kebaikan. 

Dalam suatu Hadist disebutkan Rasulullah SAW. bersabda: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Alquran) maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf.

3. Didahulukan menjadi imam

“Yang paling berhak jadi imam adalah yang paling banyak hafalan Alquran nya” HR. Ahmad. Dari Hadist diatas terlihat bagaimana caranya Rasulullah memuliakan seorang yang menjadi Hafizh/Hafizhah.

4. Memberikan Orang Tua Mahkota Kemuliaan 

Mungkin hal ini tidak asing lagi di telinga para teman teman muslim/muslimah. Memberikan Mahkota Kemuliaan kepada orang tua adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi seorang anak. 

Suasana ketika memberikan mahkota kepada orang tua pada saat wisuda 30 Juz penuh dengan rasa haru dan bahagia. Tapi pernahkah teman teman membayangkan suasana saat memberikan Mahkota Kemuliaan kepada orang tua di hari terkumpulnya seluruh manusia nanti?.

Subhanallah, sungguh luar biasa apa apa yang didapatkan oleh Penghafal Al-Qur’an selain mendapatkan kemuliaan juga penghargaan langsung oleh Allah Swt berupa pahala yang tiada bandingannya.

Post a Comment

0 Comments