Bolehkah Qurban Sapi 1 Ton? Inilah Jawaban Buya Yahya

Ilustrasi

bersamaislam.com - Viral di sosial media banyak sekali para selebriti yang membeli sapi dengan beratnya hingga 1 ton lebih. Sepertinya dari satu unggahan ke unggahan lainnya menjadi virus yang menyebar sehingga layaknya perlombaan membeli hewan qurban dengan berat yang fantastis.

Apakah ada batasan tertentu sesuai syariat? Dan apa hukumnya mengeksposnya di sosial media?Namun apakah boleh berqurban dengan sapi yang beratnya 1 ton lebih? 

Kali ini Buya Yahya menjawab dalam satu unggahan video pada akun ‘Buya Yahya’.

“Dalam syari’at tidak ada batasan ukuran bobot akan tetapi ada rambu rambu yang harus di penuhi semuanya itu mengarah kepada bobot” ujar beliau.

“Contohnya bertanduk, gigi jatuh hal tersebut menunjukkan usianya yang sudah cukup. Kalau kambing usianya sudah cukup berarti kambing gede” lanjutnya lagi.

“Bahasa jawanya kalau sapi umurnya sudah sesuai yang disebutkan dalam kitab itu, bahkan bukan lagi pedet, bukan anak sapi. Tujuannya mengarah kepada timbangan tapi sebut timbangannya kemudian semakin gede semakin bagus”.

“Ada sapi satu ton wah bagus banget gede luar biasa boleh, manfaatnya besar. Kita menemukan orang orang sapinya Masya Allah gede gede banget. Lebih baik untuk Allah dan rasulNya karena kita berqurban untuk kebaikan” sambung Buya Yahya.

Dalam hal mempublikasikan hewan qurban atau memperlihatkan ketika mereka membeli hewan qurban, seseorang tidak bisa menilai bahwa hal itu riya ataupun pamer. 

Karena pada hakikatnya yang menentukan riya hanyalah Allah Swt. Barangkali mereka ingin menunjukkan sapi di tempat ini bagus, atau juga agar orang yang luar biasa mampu bisa berqurban lebih besar yang manfaatnya untuk orang banyak.

Maka tidak boleh bagi seseorang menilai dengan prasangka yang buruk kepada saudaranya. Boleh jadi seseorang menuduh tindakan riya, namun di mata Allah itu hanyalah kebaikan.









Post a Comment

0 Comments