Omset Ratusan Juta, Ternyata Santri Tahfizh 30 Juz

Salah Satu Santri Pemuda Bumi Langit

bersamaislam.com - Pesantren Pemuda Bumi Langit memiliki visi dan misi yang berbeda dari kebanyakan pesantren lainnya. Memiliki prinsip yakni “Hafal Quran, jago bisnis”. Berdiri pada tahun 2022 yang di sokong oleh Syaamil Quran Group. Dengan dinuansai alam di salah satu desa di Bandung, Yayasan Pemuda Bumi Langit semakin syahdu dengan kegiatan Al Quran dan bisnis masing masing. Disela sela menyusun strategi penjualan dan cara kerja selalu diiringi oleh lantunan murajaah.

Kenapa bisa hafal Quran bisa menghasilkan omset belasan juta? Yuk kita intip lebih lanjut!. Pemuda Bumi Langit dijalankan dibawah asuhan Ustadz Razas MS. Yang juga seorang Pembina yayasan Hafizh Quran Indonesia. Memiliki prinsip “Hafal Quran jago bisnis” memanglah tidak mudah. Di samping memiliki kewajiban untuk menghafal dan murajaah tidak menjadikan para santri tetap diam ditempat.

Apa aja sih yang sudah mereka hasilkan selama kurang lebih setahun jadi santri di Pemuda Bumi Langit? Berikut dibawah ini hasil tangan para santri Pemuda Bumi Langit, baca sampai akhir ya. 

1. Tasmi 30 Juz sekali duduk

Pemberian Penghargaan Oleh Syekh Thyazen

Tasmi akbar atau setoran 30 Juz dalam sekali duduk juga dilakukan oleh santri Pemuda Bumi Langit. Pada bulan Maret 2023 beberapa santri turut serta dalam program “Tasmi akbar". Setoran 30 juz sekali duduk bukanlah hal yang mudah.

Oleh karena itu santri mempersiapkannya dengan sangat ekstra. Salah satunya “Mukhayyam Mutqin”, mukhayyam ini dilakukan agar menambah kefokusan santri yang di lakukan di masjid masjid terdekat. 

Tak hanya itu, namun beberapa program lainnya turut dilaksanakan oleh santri, para musyrif mengadakan Imtihan atau ujian.

Imtihan ini dilaksanakan oleh santri setiap bulannya guna untuk menguatkan hafalan dan menjaga hafalan tersebut agar tidak hilang.

Dengan persiapan yang matang, pada bulan Maret 2023 mereka akhirnya menampilkan setoran terbaiknya. Yang disaksikan langsung oleh Direktur Hafizh Quran Indonesia, Pembina Yayasan Hafizh Quran Indonesia, para staf dan civitas.

2. Dibimbing langsung oleh Syekh Thyzen Al hakimi Msi.

Dokumentasi Bersama Syekh

Sebuah kebanggaan santri bisa langsung berkontribusi dengan salah satu syekh besar, yakni syekh Thyzen Al hakimi. Atau yang lebih dikenal dengan Syekh Thyazen (20 Desember 1988) adalah doktor muda dan ulama berkebangsaan Yaman dan Indonesia. 

Seorang dosen farmasi muda UNISBA dan menjadi Kepala Pusat Kajian Asia dan Timur Tengah . Ia juga terkenal sebagai Imam Besar Masjid Raya Bandung, Juri Hafiz Indonesia serta memegang sanad 10 qiraat dari Syekh Aiman Syabaiek (Ulama besar Al- Azhar) dan beberapa sanad qiraat lainnya.

Dalam perannya Syekh Thyzen juga langsung mengajari santri dan memperbaiki bacaan bacaan Al Qurannya. Dan setiap bulannya beliau mengadakan ujian Al Fatihah yang dimana santri di check pada bacaan AL Quran pada surah Al Fatihah, apabila santri memenuhi kriteria memuaskan dalam hal tajiwd maka akan langsung mendapatkan Sanad yang bersambung ke Rasulullah dari beliau.

3. Berbisnis Telur

Potret Bisnis Santri

Salah satu bisnis dengan omset terbesar yang dimiliki santri yaitu berbisnis telur. Mereka memiliki 6 cabang yang tersebar di daerah daerah Bandung. Dengan dibekali 15 juta, mereka bisa menghasilkan 46 juta hanya dengan waktu kurang lebih sebulan. 

Stok telur yang mereka habiskan perbulan sekitar 1,5 ton. Tekad berbisnis dengan otodidak, tidak menjadikan mereka surut dikala kegagalan hingga menghasilkan buah manis dari perjuangan. 

Uniknya disela menunggu pembeli mereka menggunakan waktu tersebut untuk memurajaah hafalan yang dimiliki. Dengan produktifitas inilah menjadikan motivasi dan menghasilkan keberkahan.

4. Hantam Studio

Fotografer Sebagai Santri

Santri Pemuda Bumi langit juga mempunyai studionya sendiri. Studio itu dinamakan Hantam Studio yang beralamatkan di Komplek DU No.f51 kel.pasirlayung, cibeunying Kidul kota Bandung. Awal mulanya studio ini berdiri karena ada salah satu bakat santri yang kemudian di ajarkan kepada yang lainnya. Tak sia sia ternyata hasil buah tangan mereka, ternyata banyak peminatnya. Dengan hanya bermodalkan kamera Camera Sony 6600 mampu membawa banyak konsumen. Diantaranya sebagai berikut;
  1. Video dan foto wedding ( Syarif & istri)
  2. Video dokumentasi sekolah (Ibnu sina) 
  3. Dokumentasi kang pisman pasir layung 
  4. Dokumentasi AGRI Quran di Banten 
  5. Dokumentasi Wisuda Akbar 5 RTQ Haqin
Dibalik hasil karya yang berkualitas pasti ada perjuangan dari sekelompok tim, begitupun tim media Pemuda Bumi Langit. Dengan kekompakkan tim dapat membuat mereka lebih merasakan kebersamaan dan juga keberhasilan. Berikut ini Tim Media Pemuda Bumi Langit;
  • kang ayi : editor video 
  • kang Bayu : editor foto 
  • kang gofar : videografer 
  • kang Rifai : fotografer 
Nah dari kisah diatas sudah sangat menggambarkan ciri khas santri sekali bukan? masih ada beberapa keseruan lainnya dibawah ini.

5. Seminar Wirausaha

Foto Santri Bersama Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak pelaku UMKM di kawasan Bandung Raya, Jawa Barat, untuk berkolaborasi dan bergabung dengan komunitas TDA (Tangan Di Atas). 

Santri pemuda Bumi Langit pun tak mau kalah dengan ikut seminar diharapkan santri bisa mengambil beberapa taktik atau strategi dalam berbisnis.

6. Sasana silat

Foto Kejuaraan Santri

Sasana silat adalah salah satu program yang terbaru dikeluarkan oleh Pemuda Bumi Langit. Diketuai oleh salah seorang santri Pemuda Bumi Langit, Tegar Rifai. Baru berjalan beberapa bulan di tahun 2023 ini, Sasana Silat HAQIN telah memberikan warna baru dengan pencapaian mereka.

 Pasalnya banyak yang tidak menyangka, bisa dilihat dari alat yang masih kurang memadai, tempat latihan yang belum menetap dan baju seragam yang belum lengkap bahkan belum mencapai level sabuk namun dengan semangatnya yang tinggi dan cerdasnya memanfaatkan fasilitas ala kadarnya, mereka mampu membuktikan latihan yang selama ini mereka jalani tidak mengukir kata sia-sia.

7 diantara 16 pemuda diutus dengan membawa nama Sasana Silat HAQIN mereka mampu bersaing dan menjuarai Pencak Silat di Level Internasional dengan perolehan 6 Emas dan 1 Perak, pada IPBOIC XI 2023 Maret kemarin yang bertempat di GOR Futsal Jatinangor, Bandung-Jawa Barat.

7. Kerja sama dengan Madina dan SKI (Sygma kaya imaji)

Santri sebagai Live Streamer

Santri Pemuda Bumi Langit juga bekerja sama dengan Perusahaan Syaamil Quran dan Madina Quran. Posisi jabatan santri di perusahaan tersebut berbeda beda yaitu market place, live streamer dan admin wirehouse. 

Mungkin menurut beberapa pandangan orang mengenai santri hanyalah tentang kitab dan Al Quran saja atau biasa mereka menyebutnya "kuno". Namun santri Pemuda Bumi Langit dapat membuktikan  argumentasi dari kebanyakan orang tidaklah benar. Santri juga memiliki kinerja yang sangat baik pada umumnya.
Santri Pemuda Bumi Langit juga bekerja sama dengan Perusahaan Syaamil Quran dan Madina Quran. Posisi jabatan santri di perusahaan tersebut berbeda beda yaitu market place, live streamer dan admin wirehouse. 

Mungkin menurut beberapa pandangan orang mengenai santri hanyalah tentang kitab dan Al Quran saja atau biasa mereka menyebutnya "kuno". Namun santri Pemuda Bumi Langit dapat membuktikan  argumentasi dari kebanyakan orang tidaklah benar. Santri juga memiliki kinerja yang sangat baik pada umumnya.

8. Magang di Tourizy

Wisata Al Quran

Tourizy adalah one stop center untuk solusi dan layanan perjalanan. Santri fokus pada layanan tour individu dan wisata kelompok kecil, insentif trip, gathering dan outing dengan pengalaman unik.

Tak hanya magang pada Tourizy, namun santri juga memiliki peran lainnya yaitu Digital Marketing. Tak hanya mengaji, namun Pemuda Bumi Langit juga membantu menggali bakat dan skill yang dimiliki santri. Dari sinilah membuat santri lebih percaya diri dan bersemangat untuk mengembangkan skill yang mereka punya.

Tourizy penyedia jasa tour profesional dan terpercaya, fokus pada destinasi wisata Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam, Hongkong, Korea, Turki, Abu Dhabi, Qatar, Dubai, Wisata Religi Timur Tengah, Bali, Lombok, Labuan Bajo, Pulau Komodo, Malang.


***

Yang tertarik bergabung menjadi santri silahkan klik link pendaftaran di bawah yaa

www.pemudabumilangit.id

-- Admin Syahira


Post a Comment

0 Comments