Cara Negara Qatar Mendakwahkan Islam di Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 Qatar (FIFA World Cup 2022)

bersamaislam.com - Qatar merupakan negara Islam terkaya didunia. Sebagai negara muslim terkaya, rupanya Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun ini, World Cup 2022. Sebagai tuan rumah piala dunia, Qatar telah melukis sejarah spektakuler dalam sejarah sepakbola internasional. Qatar yang merupakan negara muslim, rupanya Qatar menjadi negara muslim pertama sebagai penyelenggara piala dunia. Tidak hanya itu, Qatar juga melakukan dakwah Islam dalam penyelenggaraan piala dunia.

Beberapa cara yang dilakukan Qatar untuk mendakwahkan Islam. Mulai dari pembukaan upacara dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an, dan mengumandangkan azan di stadion. Berikut beberapa cara Qatar mensyiarkan Islam dalam Piala Dunia 2022.

1. Pembukaan dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an

Pembukaan World Cup 2022 diselenggarakan di Stadion Al Bayt, Qatar pada hari Minggu (20/11/2022). Pembukaan acara piala dunia disemarakan oleh lantunan ayat suci Al-Qur'an oleh sosok Ghanim Al-Muftah. Ghanim Al-Muftah merupakan putra asli Qatar yang menyandang disabilitas. Tidak hanya itu, ia merupakan seorang Youtuber.

Di pembukaan tersebut, Ghanim Al-Muftah melantunkan surat Al-Hujurat ayat 13. Dia didampingi oleh seorang aktor asal Amerika Serikat bernama Morgan Freeman. Ghanim dan Freeman menampilkan teatrikal tentang potongan firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala surat Al-Hujurat ayat 13. Keduanya menyoroti perihal kesetaraan derajat manusia di sisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala.   
   
      يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ  ١٣

"Ya ayyuhan-nasu inna khalaqnakum min zakariw wa unsa wa ja'alnakum syu'ụbaw wa qaba'ila lita'arafụ, inna akramakum 'indallahi atqakum, innallaha 'alimun khabir."

Artinya : "Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Mahateliti."

2. Mural Hadits

Selain dibuka dengan ayat suci Al-Qur'an, Qatar menyajikan mural-mural bertuliskan hadits-hadits nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam untuk mengenalkan Islam. Mural mural tersebut dipasang disejumlah titik strategis Doha. Mural-mural hadist Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam seakan-akan menyambut para tamu dari berbagai belahan dunia. Qatar memasang mural-mural hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yang berisi pengingat amal kebaikan untuk mengenalkan Islam di muka dunia. 

Salah satu bunyi hadist yang terdapat di mural pada salah satu jalan Doha adalah sebagai berikut.

     مَنْ كَانَ يُؤمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْراً أَو لِيَصْمُتْ، وَمَنْ كَانَ يُؤمِنُ بِاللهِ وَاْليَومِ الآخِرِ فَلاَ يُؤْذِ جَارَهُ، ومَنْ كَانَ يُؤمِنُ بِاللهِ  
                                                      واليَومِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ

Artinya: "Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia berkata baik atau diam, barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia menghormati tetangganya dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah dia memuliakan tamunya." (HR Al-Bukhari dan Muslim).

3. Barcode Perkenalan Islam di Hotel
 
Sejumlah hotel di Doha dirancang khusus untuk memasang barcode dikamar pengunjung. Barcode-barcode tersebut dipasang guna untuk mengenalkan Islam yang ditampilkan dalam berbagai bentuk bahasa.

"Barcode tersebut mengarahkan pada laman Kementerian Wakaf dan Urusan Islam Qatar. Tampilan pertamanya menyajikan pilihan bahasa yang dapat dipilih pengguna, lalu tampilan akan mengarah pada profil perkenalan Islam," tulis Aljazeera, dikutip Rabu (23/11/2022).

4.Bir, Alkohol dan Dukungan untuk LGBTQ+ Dilarang

Minum bir dan alkohol merupakan sebuah tindakan ilegal yang ditetapkan dalam negara Qatar. Ketetapan ini sejalan dengan aturan agama Islam. Qatar melarang aksi meminum bir dan alkohol disetiap tempat stadion yang digunakan Piala Dunia Qatar 2022.

Meskipun demikian, FIFA menyediakan lobi khusus bagi para supporter yang datang dari negara-negara Eropa dan Amerika Latin. Hal ini dilakukan khusus oleh FIFA kepada panitia Piala Dunia 2022. Alkohol hanya akan dijual di zona suporter, seperti FIFA Fan Festival berkapasitas 40.000, yang ada sebuah pusat Doha, Taman Al Bidda.

"Tak seperti Piala Dunia yang sudah-sudah, bir tak akan disediakan sepanjang hari, namun hanya dijual di waktu-waktu yang sudah ditetapkan," kata seorang sumber pada Reuters.

Di lain hal  itu, negara Qatar juga melarang berbagai simbol LGBTQ+ (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender, Queer dan lainnya) selama perayaan Piala Dunia 2022. Bahkan, panitia pihak Piala Dunia telah menyiapkan sanksi khusus bagi tim peserta yang berani melanggarnya.

Sikap yang dilakukan Qatar ini pun mengundang kritik dari banyak pihak yang menganggap sebagai diskriminasi pada LGBTQ+ di negara Timur Tengah tersebut.


Dikutip dari www.detik.com

Post a Comment

0 Comments