Spot Ngafal Terbaik Santri HAQIN


Indahnya menghafal di taman 

bersamaislam.comMenjadi seorang penghafal Al-Qur'an tentu harus ada mujahadah yang tinggi untuk mencapai target keberhasilan, salah satunya memilih tempat terbaik buat ngafal. Ini termasuk faktor terpenting sebelum mulai menghafal, karena dengan tempat yang kita pilih menentukan nyaman dan fokusnya bersama Al-Qur'an.

Segala sesuatu akan berhasil jika pada prosesnya ada mujahadah dan disamping mujahadah ada muhasabah sebagai evaluasi apa yang sudah jadi pilihan, dimana yang buruk kita perbaiki dan yang baik kita tingkatkan. 

Pada awal bulan oktober kemarin, Lembaga Hafizh Qur'an Indonesia mengadakan tes psikologi dengan sasaran utama santri ikhwan dan akhwat. Berdasarkan data ada 4 tipe manusia, yaitu;
1). Dominance
2). Influence
3). Complience
4). Steadiness

Dari hasil tes ini, dapat disimpulkan bahwa tiap santri mempunyai karakter tersendiri, terbukti dalam kesehariannya ada yang dengan mudah menghafal di tempat yang ramai ada juga yang harus di ruangan tertutup. 

Di Asrama HAQIN ada beberapa spot pilihan santri saat ngafal, diantaranya;

1). Di Masjid
Tak diragukan lagi spot yang satu ini, selain nyaman buat ngafal juga menambah keberkahan kegiatan yang kita lakukan di dalamnya.

2). Di Kamar
Meskipun banyak yang kurang cocok ngafal di kamar, ternyata kamar juga bisa jadi spot terbaik loh buat ngafal, asalkan niat awalnya bukan untuk tidur, nah sebelum ngafal hindarkan dulu barang-barang yang berserakan disekitar, rapikan atau kalau bisa kita hindarkan kasur.

3). Di Genteng
Lumayan menantang sih, tapi demi menikmati pemandangan Kota Bandung sambil ngafal, banyak Santri Haqin yang mencoba bahkan membiasakan ngafal di atas genteng.

4). Di Pinggir Kali
Menghafal sambil relaksasi dengan suara air terjun sangat cocok buat kamu pecinta alam.

5). Di Taman
Di Asrama Ikhwan terdapat satu taman yang di dalamnya terdapat tanaman anggur, jeruk, bluberi dan beragam jenis bunga-bunga ditambah kolam ikan hias menjadi tempat terbaik buat ngafal.

6). Di Teras Asrama
Terdapat satu bangku tinggi di teras asrama jadi spot yang sering diperebutkan santri ikhwan saat pagi. Menghafal sambil menikmati kicauan burung yang lalu lalang menjadi alasan nikmatnya mengafal di teras asrama apalagi ditemani secangkir kopi hangat.

"Menurut saya enak sih ngafal di teras itu, cuman yang jadi masalah seringnya santri lain lewat-lewat bikin konsentrasi berkurang." Ujar Muhammad  Akrom Khasani (17) Santri Angkatan 8.

7). Di Teras Abi Ummi
Sering disapa Abi dan Ummi, tetangga asrama yang dari angkatan 1 sudah akrab dengan semua santri, teras rumahnya yang sering dijadikan spot ngafal Santri Haqin, tak jarang ummi atau abi ikut bergabung saat santri lagi ngafal.

"Spot terbaik sih menurutku, terasnya bersih, terus paling seru kalau ditemani Ndut sama Mbul (Kucing milik Abi Ummi). "Ujar Ayi Mi'raj (22) Santri Angkatan 9.

Nah, itu dia beberapa Spot Ngafal Terbaik Santri Haqin. Spot terbaik kamu yang mana nih sobat?


Post a Comment

0 Comments