Hal-hal Yang Harus Dihindari Saat Menghafal Al-Qur'an


Ilustrasi


bersamaislam.com - Segala sesuatu ada tempat dan waktunya, kapan harusnya melakukan ini, kapan harusnya menghindari ini dan sebagainya. Sehingga apa yang menjadi tujuan dapat berjalan sesuai dengan ekspektasi. Bagi penghafal qur'an hendaknya memantapkan niat, fokus dan yakin kemudian memperhatikan hal-hal yang harus dihindari saat mulai menghafal.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dan dihindari saat menghafal qur'an:

1). Ngupil
Tak jarang seseorang yang sedang menghafal Al-Qur'an ditengah proses menghafalnya malah mengalihkan fokusnya dengan melakukan kebiasaan lain yaitu ngupil. Seorang penghafal seharusnya mempersiapkan sedemikian rupa baik itu kebersihan maupun kerapian, sehingga tak ada alasan buat gagal fokus saat menghafal.

2). Makan
Selain mempersiapkan kebersihan dan kerapian, juga harus diperhatikan asupan energi berupa makanan. Jangan sampai kegiatan yang satu ini dilakukan saat menghafal, karena sangat mengganggu kefokusan, terlebih saat perut kenyang dapat mendatangkan rasa kantuk.

3). Tepuk Jidat
Hal yang paling sering dilakukan seseorang saat mengalami kelupaan adalah tepuk jidat, seringnya melakukan hal ini akan menyebabkan gangguan pada fungsi otak.

Bagi seorang penghafal Al-Qur'an, tepuk jidat bukan solusi saat mengalami mind bland, solusi terbaik adalah mengucapkan istighfar dan memohon kemudahan dari Allah SWT.

4). Ngobrol dan Ketawa
Para penghafal Al-Qur'an harus menjaga adab terhadap Al-Qur'an, salah satunya tidak ngobrol dan ketawa saat menghafal. Imam Fudhail bin Iyadh menganjurkan kepada seorang penghafal Al-Qur’an untuk menjaga sikapnya, sebab ia diibaratkan sebagai pembawa bendera Islam, ia berkata:

   حامل القرآن حامل راية الإسلام لا ينبغي أن يلهو مع من يلهو ولا يسهو مع من يسهو ولا يلغو مع من يلغو تعظيما لحق القرآن

“Para penghafal Al-Qur’an adalah pembawa bendera Islam, tidak patut dia bermain bersama orang yang bermain dan lupa bersama orang yang lupa, serta tidak berbicara yang sia-sia orang lain karena untuk mengagungkan Al-Qur’an”.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dan dihindari oleh para penghafal Al-Qur'an saat hendak berinteraksi bersama Al-Qur'an karena keutamaan membaca dan menghafal Al-Qur'an diperoleh saat kita mampu memperbaiki adab terhadap Al-Qur'an.


Post a Comment

0 Comments