Adakah Do'a Menyambut Bulan Ramadhan?

 




  bersamaislam.com - Tidak terasa bulan Ramadhan sudah menanti kita, terhitung oleh jari Insya Allah kita akan sampai atas izin-Nya tidak lebih dari dua minggu lagi. Kita hanya perlu berdo’a dengan penuh kesungguhan agar kita bisa dihantarkan oleh Allah SWT. kepada bulan Ramadhan yang sangat penuh akan keberkahan. Esensi dari bulan Ramadhan itu sendiri jangan kita anggap hanya sebatas menahan lapar, haus, dan hal-hal lain yang Allah SWT. larang untuk dilakukan, akan tetapi kita sebagai umat muslim sudah seharusnya berpikir dan kita harus turut serta merasakan betapa indahnya Ramadhan itu dalam arti lain kita harus merasakan betapa nikmatnya dan mendapat segala keberkahan yang ada pada bulan tersebut.

Dalam rangka menyambut Rmadhan, mungkin di antara kita pernha bertanya-tanya apakah ada do’a khsusus atau do’a yang sering dlifalkan ketika akan menyambut Ramadhan? Mari sama-sami kita bahas dalam artikel ini.

Jika melihat kepada sejarah, sejak zaman Rasulullah dan pada zaman para sahabat tidak terdapat do’a khusus atau do’a yang sering dipanjatkan oleh Rasulullah maupun para sahabat ketika menyambut bulan Ramadhan. Akan tetapi, para sahabat dan ulama generasi setelahnya sangat menyambut dengan gembira dan penuh kebahagiaan serta suka cita. Tentunya kebahagiaan ini dilakukan melalui ucapan dan harapan-harapan. Dikatakan dalam sebuah sumber, Al-Hafidz Ibnu Rajab menyebutkan satu riwayat yang menunjukkan semangat mereka dalam menyambut Ramadhan. “Dulu para sahabat, selama enam bulan sebelum datang Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Kemudian, selama enam bulan sesudah ramadhan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka selama bulan Ramadhan.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264).

Kemudian Al-Hafidz Ibnu Rajab menyebutkan salah satu contoh doa yang mereka lantunkan. Diriwayatkan dari Yahya bin Abi Katsir beliau merupakan salah seorang ulama Tabi’in,

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

“Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264)

Dan inilah salah satu do’a yang paling sering diamalkan oleh para sahabat dan ulama setelah generasi sebelumnya yaitu Rasulullah dan para sahabat. Mari sama-sama melantunkan do’a ini agar kelak kita bisa disampaikan kepada Ramadhan yang syarat akan keberkahan. Aamiin.

Post a Comment

0 Comments