Judul Menyeramkan, CNN Indonesia Disebut Narasumber Tidak Fair

CNN Indonesia dianggap tidak fair karena memotong penjelasan ilmiah dari narasumber dan memberi judul yang menyeramkan.
CNN Indonesia dikritik Direktur Pengendalian Pencemaran  Udara KLHK karena memberi judul yang menyeramkan

bersamaislam.com Jakarta - Cable News Network Indonesia (CNN Indonesia) dianggap telah memotong penjelasan ilmiah dari salah seorang narasumber yang bernama Dasrul Chaniago yang menjabat sebagai Direktur Pengendalian Pencemaran  Udara KLHK. Tudingan tersebut diunggah oleh Dasrul di laman facebooknya pada Senin (6/11). Dalam postingan tersebut ia menyayangkan pihak CNN yang sengaja memotong penjelasannya dan malah menyampaikan uraian dari LSM dengan utuh namun dengan judul menyeramkan.

Berikut detil unggahan status Dasrul di laman facebooknya.

"Tipikal media zaman now, selalu :
1. Penjelasan yang ilmiah dipotong
2. Penjelasan LSM disampaikan utuh dengan judul yang menyeramkan.

Percakapan dengan wartawan CNN :

Chaniagodasrul: Judulnya okey, sebelum nya CNN kasih judul Jakarta dikepung udara beracun. Kpn karyawan CNN dievakuasi dari Jakarta?😃

Chaniagodasrul: Kl ga dievakuasi, nanti masyarakat ga percaya lagi berita CNN, sdh dikepung racun, msh tetap di Jakarta.

CNN: Siap pak Dasrul..terimakasih evaluasinya,,terkait judul akan saya sampaikan ke editorial agar ke depan lebih baik

Chaniagodasrul: Barangkali itu kesempatan terakhir sy wawancara dgn CNN, tdk fair

CNN: Mohon diberi kesempatanlagi pak jika ada kesempatan lain utk membuat liputan bersama dengan bapak / tim. Harapan kami ingin selalu udara jakarta sehat pak.

Chaniagodasrul: Kenapa penjelasan sy ttg modeling yg kami lakukan tdk anda tayangkan yg antara lain sbb :
Tdk semuanya PLTU, 34 persen PLTGU (bahan bakar gas). Gas adalah energi bersih
Sekitar 66 persen PLTU (batu bara). Hampir semua pembangkit di pinggir pantai, tentu emisinya akan terdistribusi ke laut malam hari.
6 bln dlm setahun angin bergerak ke arah sumatra, terrmasuk udara dari Jkrta juga.

Chaniagodasrul: Sy tahu, krn kl anda tayangkan akan mematahkan penjelasan Greenpeace. Anda tahu bhw Greenpeace itu mengukur udara ambien outdoor dgn alat indoor, udara ambien Gandul yg diukur itu asap pembakaran sampah yg dilakukan masayarakat

CNN: Mohon maaf pak, utk keterangan tidak semua pltu batubara sudah dikoreksi di data bahwa bukan 22 pltu tapi 22 pembangkit dr 12 pltu batubara. Untuk arah angin nanti akan dibuat liputan lanjutan mengenai probabilitas arah capaian polutan jika selutuh pltu sdh beroperasi."

Seperti diketahui, Cable News Network Indonesia (disingkat CNN Indonesia) adalah stasiun televisi dan situs berita milik Trans Media yang bekerjasama dengan Turner International. Saluran ini disiarkan untuk pertama kalinya pada Senin (17/8/2015). Disiarkan dalam Bahasa Indonesia dari studio Trans Media, saluran CNN Indonesia menyajikan konten lokal maupun internasional, dengan memfokuskan pada berita umum, bisnis, teknologi, olahraga dan hiburan. CNN Indonesia adalah bagian dari strategi CNN International Commercial’s Content Sales and Partnerships Group yang mempunyai misi untuk menjangkau lebih banyak lagi audiens dan dengan bekerjasama dengan media setempat.