Tersinggung, Erdogan Tegaskan Takkan Bicara Lagi dengan Dubes AS

Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan mengatakan ia tidak akan menerima lagi kedatangan Duta Besar Amerika Serikat ke negaranya.
Erdogan tegaskan tidak akan menerima kunjungan Dubes AS


bersamaislam.com Ankara - Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan mengatakan bahwa pemerintahannya tidak lagi menerima legitimasi Duta Besar Amerika Serikat ke negaranya. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh Erdogan saat terjadi perselisihan diplomatik antara Washington dan Ankara.

Seperti dilansir Vice News pada Rabu (11/10), kedua negara tersebut telah saling menangguhkan layanan visa non-imigran kepada warga masing-masing selama akhir pekan kemarin setelah Turki menahan seorang warga Turki yang bekerja di kedutaan AS dan menuduhnya telah ikut ambil bagian dalam usaha kudeta pada tahun 2016 yang gagal saat menjatuhkan Erdogan. Langkah tersebut juga membuat pasar saham Turki menukik tajam.

Sekarang Erdoğan mengatakan bahwa dia secara pribadi dan menteri pemerintahan utamanya telah menolak untuk berbicara dengan Duta Besar AS saat ini yang bernama John Bass, yang baru-baru ini telah dikonfirmasi oleh Senat AS untuk mengisi sebuah jabatan baru di Afghanistan.

"Sebenarnya, Duta Besar ini sedang melakukan kunjungan perpisahannya. Dan sekarang, Menteri Kabinet kami, Ketua Parlemen dan saya sendiri tidak akan menerima kunjungan perpisahannya, dan kami tidak akan melakukannya, karena kami tidak melihatnya sebagai wakil Amerika Serikat di Turki. Izinkan saya menegaskan hal ini!," ujar Erdogan dengan berapi-api saat berpidato di sebuah acara di Beograd.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan mengatakan ia tidak akan menerima lagi kedatangan Duta Besar Amerika Serikat ke negaranya.
Erdogan berpidato

Pihak AS menganggap serangan balasan terhadap aksi kudeta 2016 telah membuat sejumlah besar tokoh politik yang pro kudeta ditangkap, termasuk kepala Amnesty International setempat. Kritikus AS malah menuduh Erdogan sedang menuju kediktatoran total.

"Ini adalah sebuah krisis yang parah!," ujar mantan Duta Besar AS untuk Turki dari tahun 2008 sampai 2010, James Jeffrey, kepada VICE News.

Jeffrey menganggap penangkapan pegawai kedutaan AS, adalah bagian dari upaya untuk memaksa Amerika Serikat untuk menyerahkan Fethullah Gülen, seorang tokoh pemberontak Turki yang tinggal di Amerika Serikat dan secara konsisten disalahkan oleh Erdogan karena usaha kudeta yang keji. Pihak AS telah menolak untuk mengekstradisi Gülen, dengan alasan kurangnya bukti-bukti di lapangan.

"Ini dilihat sebagai upaya mentah untuk menekan langkah politik AS," jelas Dubes Jeffrey.

Pada hari Selasa (10/10), seorang reporter Wall Street Journal bernama Ayla Albayrak dijatuhi hukuman penjara selama dua tahun dan satu bulan di penjara karena diduga menyebarkan propaganda untuk mendukung sebuah kelompok teroris Kurdi.

"Ini adalah tuntutan pidana yang tidak berdasar dan sangat tidak pantas!," ungkap Kepala Redaksi Jurnal Gerard Baker.

Erdogan mensinyalir bahwa Duta Besar Bass mengambil keputusan untuk menghentikan pemrosesan Visa bagi warga Turki tanpa arahan dari atasannya di Washington.

"Jika dia membuat keputusan ini berdasarkan otaknya sendiri, maka otoritas AS yang lebih tinggi seharusnya tidak mempertahankannya dalam jabatan itu lebih lama!," tegas Erdogan.