Sholat Jumat dan Jadwal Dhuhur Bagi Muslimah yang Harus Diketahui

Sholat Jumat dan jadwal Dhuhur bagi muslimah yang harus diketahui.
para muslimah sedang sholat

bersamaislam.com - Hari Jumat merupakan sebuah hari yang mempunyai banyak keutamaan. Hari Jumat juga termasuk ke dalam hari besar umat Muslim. Pada hari Jum'at, seluruh umat Islam di seluruh dunia menganggap hari tersebut sebagai hari untuk memperbanyak amal kebaikan dan ibadah untuk meraih keridhaan Allah SWT. Pada hari Jumat, juga dilaksanakan ibadah khusus bagi muslim sedunia, yaitu sholat Jumat. Shalat tersebut wajib bagi laki-laki (muslim), sedangkan para wanita (muslimah) menggantinya dengan shalat Dhuhur. Yang sering menjadi pembahasan dalam sejumlah kajian Islam, kapan mulainya shalat Zhuhur bagi muslimah pada hari Jumat? Apakah saat masuk waktu Zhuhur atau harus menunggu sampai shalat Jumat di masjid selesai?

Shalat Jumat merupakan ibadah yang wajib bagi laki-laki Muslim. Muslimah tidak memiliki kewajiban mengkikuti shalat Jumat, namun mereka tetap diwajibkan melaksanakan shalat Dzuhur sebagaimana biasanya, kecuali berhalangan.

Terkait hal tersebut, banyak pendapat yang mengemukakan tentang perbedaan waktu wanita untuk melaksanakan shalat Dzuhur. Sebagian ulama menjelaskan bahwa para muslimah sebaiknya melaksanakan setelah selesainya para pria shalat Jumat, namun sebagiannya lagi mengatakan harus mengerjakan seperti waktu biasanya, yaitu saat dimulai azan.

surah al kahfi Sholat Jumat dan jadwal Dhuhur bagi muslimah yang harus diketahui.
shalat Jumat

Yang menjadi pertanyaan, kapankah sebaiknya muslimah melakukan shalat Dzuhur di hari Jumat?

"Sesungguhnya shalat adalah kewajiban bagi kaum mukminin yang telah ditetapkan waktunya." (QS. An-Nisa ayat 103).

Jika melihat dalil tersebut, para ulama berpendapat bahwa waktu shalat Dzuhur bagi muslimah pada hari Jumat adalah saat dimulai sejak matahari mulai tergelincir.

"Waktu zuhur, sejak matahari tergelincir sampai bayangan orang sama dengan tingginya, sebelum masuk waktu ashar." (HR. Muslim).

Berdasarkan hadits diatas, para muslimah bisa tetap melaksanakan shalat Dzuhur saat sudah masuk waktunya dan tak perlu menunggu para pria muslim telah selesai shalat Jumat.

Sehingga jelas bahwa seorang muslimah baru boleh melaksanakan shalat Dhuhur saat hari Jumat di rumah mulai sejak masuk waktu Dhuhur dan tidak harus menunggu sampai para pria muslim selesai menunaikan shalat Jumat di mesjid. Hal tersebut juga berlaku bagi orang yang berhalangan (uzur syar'i) dan tak bisa melaksanakan shalat Jumat seperti orang yang sedang sakit.