Puasa Senin Kamis dan Keutamaannya yang Jarang Diketahui

Sejumlah mamfaat dan keutamaan puasa senin kamis bagi ummat muslimin.
ilustrasi

bersamaislam.com - Selain puasa Ramadhan yang penuh keberkahan, ada pula puasa Senin Kamis yang bisa dilaksanakan setiap minggu. Puasa yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW tersebut mempunyai banyak keutamaan, sehingga berguna untuk kesehatan jasmani dan rohani kaum muslimin yang melaksanakannya.

Banyaknya keutamaan puasa Senin Kamis membuat kaum muslimin semakin semangat untuk melakukannya.

Sejumlah mamfaat dari puasa Senin Kamis adalah bisa membuat wajah semakin awet muda, terbebas dari berbagai penyakit hingga terselamatkan dunia dan akhirat.

Puasa Senin Kamis merupakan puasa sunnah yang apabila dipraktekkan dengan serius maka akan mendapatkan hasil yang maksimal sekaligus mendapat ampunan dari Allah SWT.

Walaupun makan enak dihalalkan dalam Islam namun ketika puasa hal tersebut menjadi terlarang. Peraturan tersebut adalah untuk mengatur kepatuhan kepada Allah SWT walaupun tak ada satupun makhluk yang melihatnya.

Mengapa sebagian manusia enggan melaksanakannya? Bisa jadi karena mereka tidak menyadari besarnya hikmah puasa tersebut dari segi kesehatan rohani dan kesehatan jasmani.

Dalam hal ini, Rasulullah SAW sangat sering melaksanakan puasa Senin Kamis. Sehingga para sahabat juga mengikuti sunnah yang diganjar pahala yang besar oleh Allah SWT tersebut.

ilustrasi

Berikut sejumlah keutamaan berpuasa pada Senin dan Kamis.

Keutamaan yang pertama, Rasulullah SAW dalam hadistnya yang diriwayatkan oleh imam Ahmad menyebutkan bahwa beliau menjelaskan bahwa semua amal muslimin dibentangkan di hari Senin dan hari Kamis. Karena itu, menurut Rasullullah, alangkah baiknya bila kita berpuasa saat malaikat melaporkan amalan kita.

Keutamaan yang kedua, hari Senin Kamis adalah hari yang sangat istimewa karena pada hari itu Rasulullah dilahirkan, menjadi rasul hingga mendapat wahyu (seperti dalam HR Muslim  no. 1162). Hari Senin dan Kamis adalah hari yang istimewa dari sisi religius.

Keutamaan yang ketiga, puasa Senin Kamis dapat menjadi ajang latihan untuk menghindarkan diri dari dosa. Kemarahan juga mudah diredam bila kita sedang berpuasa, begitu pula latihan untuk bersabar. Karena itulah puasa sangat cocok bila disebut sebagai ajang untuk menata perilaku menjadi lebih baik. Dengan berpuasa, maka hati seorang muslim akan semakin bersih.

Keutamaan yang keempat, puasa Senin Kamis selain meningkatkan amalan juga bisa membuat kita semakin produktif dalam beribadah karena pikiran kita sudah fokus dalam atmosfir ibadah pada hari itu. Hal tersebut akan berbeda bila kita kekenyangan dengan makanan, dimana bisa jadi ibadah akan terasa malas karena perut yang penuh hingga membatasi gerak.

Keutamaan yang kelima, banyaknya riset kesehatan yang menyebutkan bahwa puasa dapat membantu tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri sehingga semakin sehat. Puasa juga merupakan cara yang paling ampuh untuk pemasukan kalori ke dalam tubuh, sehingga berbagai penyakit yang diakibatkan oleh makanan yang tidak tepat atau berlebihan bisa dihindari.

Keutamaan yang keenam, puasa juga meningkatkan daya pikir. Sejumlah penelitian menyebutkan hal tersebut, salah satunya dengan penjelasan membaiknya daya tahan tubuh sehingga meningkatkan fungsi tubuh salah satunya daya pikir.

Selain sejumlah keutamaan diatas, puasa Senin Kamis membuat kita menjadi lebih berempati kepada orang-orang yang tidak mampu, yang tidak tercukupi makanan sehari-harinya.

Karena itu, dengan seringnya berpuasa Senin Kamis maka kita akan mudah meningkatkan keimanan dan kesehatan sehingga upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT bisa semakin mudah sehingga hidup kita semakin berkah.