Doa Setelah Sholat Dhuha yang Harus Anda Hafal

Doa setelah sholat Dhuha yang harus kita hafalkan.
ilustrasi

bersamaislam.com - Sebagaimana yang kita ketahui, sholat dhuha ialah sholat sunnah yang dilaksanakan pada waktu pagi hari sekitar pukul 07.00 s/d jam 11.00. Selain itu, sholat Dhuha juga disebut shalat Awwabin. Sholat ini sangat banyak keutamaan seperti yang dinukilkan di dalam hadits berikut ini:

"Pada pagi hari setiap persendian salah seorang diantara kalian wajib bershodaqoh. Setiap tasbih adalah shodaqoh. Setiap tahmid ialah shodaqoh. Setiap takbir adalah shodaqoh. Menyuruh untuk berbuat baik adalah shodaqoh. Melarang perbuatan mungkar adalah shodaqoh. Dan semua itu cukup dengan mengerjakan shalat Dhuha dua raka'at". (HR. Muslim)

Dilihat dari isi hadits di atas disebutkan bahwa bila kita mengerjakan shalat dhuha dua raka'at maka seolah kita sudah bersedekah untuk semua persendian di dalam tubuh kita. Ini berarti jika kita sudah mengerjakan sholat Dhuha maka seolah-olah kita telah menunaikan sedekah.

Selain itu, ada manfaat lain dari sholat Dhuha yaitu kita dianjurkan untuk berdoa setelah selesai sholat. Isi dari doa setelah sholat Dhuha bermakna meminta kemudahan rezeki dari Allah SWT. Sehingga mamfaat lainnya dari sholat Dhuha adalah untuk memudahkan kita dalam mencari rezeki yang halal.

Adapun untuk jumlah raka'at sholat Dhuha, berjumlah dua rakaat hingga dua belas raka'at. Hal tersebut seperti yang termaktub di dalam hadist yang intinya menegaskan bahwa jumlah rakaat  sholat Dhuha antara dua rakaat hingga dua belas rakaat.

Berikut lafadz doa setelah sholat Dhuha beserta artinya:



Artinya:

"Wahai Tuhanku...sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan ialah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Wahai Tuhanku... apabila rezekiku berada di atas langit, maka turunkanlah. Apabila berada di dalam bumi, maka keluarkanlah. Apabila sukar, maka mudahkanlah. Apabila haram, sucikanlah. Apabila jauh, maka dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku). Datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh".

Itulah doa setelah sholat Dhuha yang harus kita hafal dan kita lafadzkan saat menunaikan shalat tersebut. Semoga kita istiqomah dalam mengerjakannya sehingga menjadi ibadah yang akan menambah keimanan kita. Dan semoga kehidupan kita selalu diberkahi oleh Allah SWT...amin.