Peringatan Hari Santri Nasional. Ulama Palestina: Indonesia Jadi Pelopor Kebangkitan Islam

Peringatan Hari Santri Nasional berlangsung meriah dengan hadirnya ulama Palestina yang memberikan taushiah
Ulama Palestina menghadiri acara peringatan Hari Santri Nasional

bersamaislam.com Bangka Belitung - Peringatan Hari Santri Nasional dirayakan dengan semarak di seluruh tanah air. Salah satunya perayaan yang diadakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tepatnya di Pondok Pesantren Nurul Falah Desa Air Mesu Kabupaten Bangka Tengah pada hari Sabtu (22/10) berlangsung meriah dengan hadirnya ulama Palestina yang memberikan taushiah spesial dalam perhelatan tersebut. Acara yang bertajuk Gelar Seni santri se Babel tersebut juga dihadiri oleh Bupati Bangka Tengah H. Erzaldi Rosman, jajaran FKPD serta para ulama dan pengurus Pondok Pesantren se-Babel.

Kehadiran ulama sekaligus Imam Masjid Al-Aqsa Palestina yang bernama Syaikh Ali Yakub Al-Abbasi merupakan atas undangan dari Bupati Erzaldi yang dibantu oleh da'i nasional yaitu Ustadz Kasif Heer. Sebelumnya, Syaikh Al-Abbasi juga sempat mengisi tabligh akbar selama tiga hari di beberapa masjid di seputar Babel .

Ulama yang berusia 57 tahun tersebut menyerukan agar umat Islam bersatu dan tidak tercerai berai. Ia mengungkapkan kebanggaannya kepada umat Islam di Indonesia dan berharap agar menjadi pelopor kebangkitan Islam di seluruh dunia.

"Kita satu keluarga, tak boleh bercerai berai serta menjadi lemah. Saya sangat bangga melihat muslim Indonesia yang tak saling perang karena merasa yang paling benar. Karena itu muslim Indonesia saya harap bisa menjadi pelopor untuk kebangkitan Islam di dunia," ujar Syaikh Al-Abbasi seperti dilansir Beritasatu pada Minggu (23/10).

Selain itu, Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman Djohan mengatakan bahwa ia berharap agar hari santri tersebut menjadi tonggak untuk mempertebal semangat Islam yang rahmatan lil 'alamin yang memberi kedamaian bagi seluruh manusia.

"Kami sangat berterimakasih atas kedatangan Imam Masjid Aqsa yang telah berbagi ilmu dan pengalaman di Bangka selama empat hari dan semoga bermamfaat bagi semua. Disamping itu juga terima kasih kepada ustadz Kasif Heer yang sudah membantu dalam proses mengundang imam Masjid Aqsa kemari," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Babel H Agus Erwin mengatakan bahwa peringatan Hari Santri secara nasional telah dilaksanakan selama dua kali, namun untuk Wilayah Bangka Belitung merupakan yang pertama kali.

Dalam kegiatan Hari Santri Nasional tersebut turut dimeriahkan dengan sesi acara pentas seni islami tari kolosal, gema santri bersholawat, hadrah, nasyid, teater santri serta tabligh Akbar Syaikh Al-Abbasi.