Rhoma Irama: Al-Quran Adalah Panduan Terbaik!

Rhoma Irama mengungkapkan bahwa Al-Quran adalah panduan hidup terbaik bagi manusia di dunia
Rhoma Irama berceramah di depan warga Lampung Selatan

bersamaislam.com Kalianda - Pada saat peringatan Nuzulul Quran 17 Ramadan, Selasa malam (21/6/) lalu, Rhoma Irama hadir untuk memberikan tausiah kepada ribuan warga Kalianda yang memadati halaman Masjid Agung Radin Inten. Saat itu ia mengungkapkan bahwa Al-Quran adalah panduan hidup terbaik bagi manusia di dunia.

Zainudin Hasan yang menjabat sebagai Bupati Lampung Selatan (Lamsel) mengatakan bahwa peringatan Nuzulul Quran tersebut untuk mengajak masyarakat untuk memperbanyak membaca dan mendalami isi Al-Quran.

Sementara Rhoma Irama dalam tausiahnya mengatakan bahwa Allah SWT telah menurunkan Al-Quran secara bertahap ke dunia ini pada malam 17 Ramadan.

"Pada malam 17 Ramadan, Malaikat Jibril diperintah oleh Allah untuk menurunkan Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW yang sedang berdoa di Gua Hira. Ada lima ayat pertama dari surat Al-Alaq yang diturunkan saat itu," ujarnya seperti dilansir Tribun Lampung pada Selasa (21/6).

Pria yang pernah dijuluki Raja Dangdut tersebut menjelaskan bahwa Al-Quran merupakan mu'jizat terbesar yang telah diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Al-Quran diturunkan dalam bahasa Arab dan tetap terjaga orisinalitasnya hingga sekarang. Allah SWT menjamin keaslian Al-Quran. Ini ditegaskan oleh Allah SWT melalui firman-Nya yaitu Kamilah yang menurunkan Al-Quran dan Kami juga yang menjaganya," jelasnya.

Menurut pria yang akrab dipanggil Bang Haji Rhoma tersebut, Al-Quran juga bisa menjadi sumber ilmu pengetahuan. Sudah banyak bukti dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli dan mereka sudah mengakui dan membuktikannya, dan hal tersebut sudah diungkapkan di dalam Al-Quran.

"Banyak sekali bukti penemuan sains saat ini yang ternyata sejak ribuan tahun lalu sudah diterangkan di dalam Al-Quran," terangnya.

Namun Bang Haji Rhoma menyayangkan begitu banyak masyarakat muslim di Indonesia saat ini yang mulai melupakan ajaran dalam Al-Quran.

"Banyak sekarang yang mulai melupakan Al-Quran. Mereka tak lagi memuliakan Al-Quran. Al-Quran hanya disimpan dan dijadikan hiasan. Al-Quran jarang dibaca, apalagi mengamalkan isinya. Karena itu melalui momen Nuzulul Quran ini, saya mengajak umat muslim di Lamsel untuk mengamalkan isi Al-Quran. Karena Al-Quran adalah panduan hidup terbaik," serunya.