30 Hafidz Aceh Dapat Beasiswa ke Turki

Negara Turki erdogan memberi beasiswa bagi 30 santri Aceh untuk belajar di pesantren Sulaimaniyah di negara Turki
Para santri yang mendapat beasiswa ke Turki

bersamaislam.com Banda Aceh - Untuk kesekian kalinya negara Turki kembali menunjukkan hubungan keakraban dengan daerah yang pernah menjadi sekutunya pada masa pemerintahan Sultan Selim II yaitu kerajaan Kesultanan Aceh Darussalam atau yang sekarang dikenal dengan nama Pemerintah Aceh. Pihak Turki menyetujui beasiswa bagi 30 santri Aceh dalam bentuk beasiswa full untuk belajar di pesantren Sulaimaniyah di negara Turki. Para santri terpilih sebelumnya telah di gembleng di Pesantren Sulaimaniyah Turki di Kuta Baro, Aceh Besar untuk menyelesaikan hafalan 30 juz Alquran.

Pernyataan tersebut diamini oleh Koordinator lima pesantren Sulaimaniyah Turki di Sumatera, Taceddin Ince, saat menghadiri wisuda santri pesantren tersebut di Aula Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh di Banda Aceh.

"Selama belajar di Turki nantinya, mereka akan diajar bahasa Arab dan bahasa Turki serta ilmu keislaman melalui kitab-kitab. Di sana mereka diberikan beasiswa penuh seperti di pesantren Sulaimaniyah Aceh," jelas Taceddin yang merupakan keturunan asli Turki tersebut seperti dilansir situs resmi Kemenag Aceh pada Minggu (31/7).

Ia melanjutkan, pada tahun ini para santri Aceh yang lulus beasiswa ke Turki lebih banyak dari tahun dua sebelumnya. Pada tahun 2014 yang lulus sebanyak sembilan orang, pada tahun 2015 yang lulus 11 orang, sedangkan pada tahun 2016 yang lulus meningkat tajam menjadi 30 orang.

Dia menjelaskan, lulusan ini merupakan yang terbanyak mengingat kuota beasiswa dari seluruh Indonesia ke Turki pada tahun ini adalah sebanyak 150 orang.

Acara wisuda tersebut dihadiri oleh seratus lebih undangan, santri serta wali murid. Dalam kesempatan tersebut juga hadir dari pihak Kanwil, perwakilan Setda Aceh, Setdakota serta para wartawan media lokal dan nasional.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan Kepala Kanwil Kemenag Prov. Aceh, Drs Saifuddin AR, ikut memberi kata sambutan serta apresiasi atas jasa pesantren Sulaimaniyah Turki dalam memfasilitasi pendidikan bagi putra-putri Aceh untuk menjadi generasi yang mencintai Al-Quran.

Post a Comment

0 Comments