Kenapa Banyak Orang Sukses Memakai Baju Yang Sama Setiap Hari?

Mark Zuckerberg

bersamaislam.com - CEO Facebook, Mark Zuckerberg mendapat sebuah pertanyaan yang sedikit nakal dalam satu sesi saat memberi paparan awal bulan ini.

Seseorang bertanya dengan pertanyaan yang mungkin ada di benak banyak orang. Kenapa dia (Mark) terlihat selalu memakai T-shirt atau baju kaus abu-abu yang sama setiap hari?

Zuckerberg menjawab pertanyaan itu dengan tenang, bahkan sempat melempar perhatian pada COO Facebook, Sheryl Sandberg, yang mengetahui jika bosnya memang memiliki kaus yang menjadi ciri khasnya tersebut lebih dari satu.

Jika harus memutuskan soal pakaian setiap hari, Zuckerberg mengatakan, bukan seperti itu caranya menghabiskan energi.

"Aku ingin hal-hal yang jelas dalam hidup. Bahwa selain memberi yang terbaik untuk komunitas (Facebook) ini, aku harus mengambil keputusan sesedikit mungkin tentang persoalan-persoalan lain," katanya.

Zuckerberg tidak sendiri. Beberapa orang yang paling sukses, di masa kini ataupun di masa lalu, melihat fashion sesuatu yang tidak serius. Berikut dikutip dari Mashable, beberapa di antaranya.

Steve Jobs
Ciri: kaus hitam lengan panjang dengan leher tinggi, jins biru dan sepatu sneakers.
Mendiang Jobs pernah mendesaim seragam untuk karyawan di Apple, namun ditolak.

Steve Jobs

Barack Obama
Ciri: jas biru atau abu-abu.

Barack Obama
Presiden Obama membuat kejutan awal tahun saat menghadiri sesi konferensi pers dengan mengenakan jas warna coklat. Padahal dia lebih sering memakai jas abu-abu atau biru, sesuatu hal yang menurutnya membantu mengurangi beban pengambilan keputusan.

"Saya tidak ingin membuat keputusan-keputusan tentang apa yang harus saya makan atau kenakan. Karena saya punya banyak hal lain yang harus diputuskan."


Albert Einstein
Ciri: salinan dari jenis yang sama

Albert Einstein
Mahasiswa-mahasiswa yang mempelajari Einstein mengatakan ini adalah hal yang paling salah dari si jenius. Istri keduanya, Elsa, pernah mengatakan kerap menyediakan jas berwarna tajam. Setelah umurnya bertambah, Einstein memperlihatkan kecenderungan kepada baju kaus berbahan katun dan memakai sandal.

Christopher Nolan
Ciri: jaket gelap berkerah sempit, dengan kemeja biru, celana panjang hitam dan sepatu santai.

Christoper Nolan
Demikian gambaran majalah New York Times terhadap gaya berpakaian Nolan. Sudah lama Nolan berpendapat, "adalah buang energi jika harus memutuskan pakaian baru setiap harinya," kata Direktor film Interstellar tersebut.

(Ahmad Yasin)