Wow, Hijaber Cantik Ini Ternyata Pembalap Road Race

gadis juara di dunia balap motor namun tetap berhijab
Febi Sofi Mayanti

bersamaislam.com Jakarta - Hobi, profesi dan idealisme bisa berjalan seiring bila ada komitmen. Setidaknya inilah yang dipegang oleh gadis muslimah yang juga seorang roadracer ini. Ia telah berpengalaman di dunia balap motor hingga dragbike.

Febi Sofi Mayanti, gadis berhijab ini mulai terjun ke dunia balap yang didominasi oleh laki-laki sebagai pembalap road race di sirkuit Sentul Karting, Bogor, bersama sejumlah tim yang pernah diwakilinya di tahun 2013 lalu.

Seperti dilansir Dunia Scooter, walaupun sempat libur dikarenakan kesibukannya sebagai karyawan swasta, kini ia mulai fokus dengan perlombaan dan termotivasi untuk meraih prestasi dalam arena.

Jiwa pembalap mengalir dalam diri perempuan berumur 19 tahun ini. Dia pernah meraih prestasi terbaik pada tiga ajang perlombaan kelas wanita.

Selain itu, Febi juga meraih juara kedua pada event Bodisaseri II kelas wanita yang diadakan di lapangan terbang TNI AU Cicangkal, Bogor.

Febi dalam salah satu ajang road race bersiap untuk start
Gadis berkulit putih ini memulai dunia balapan di tahun 2013 saat masih duduk di bangku SMK. Walaupun sempat berhenti sebentar dikarenakan harus bekerja, kini ia mulai fokus mengejar mimpinya.

Awalnya ia sempat ragu dan takut jatuh kecelakaan. Febi sempat menggunakan bantuan tongkat untuk berjalan karena mengalami kecelakaan saat menguji motor yang akan digunakan untuk balapan. Namun dengan tekad dan jiwa pembalap yang menyenangi tantangan membuatnya semakin terbiasa.

"Alasan saya memilih dunia balap karena saya suka, dunia balap itu menantang, awalnya sih saya ragu dan malu karena saya berhijab tapi karena saya emang bener-bener suka sama dunia balap, saya tekunin aja meski berhijab, ya mungkin ada aja pasti omongan negatif, tapi ya sudahlah itu kan penilaian orang tutup telinga saja," ujar Febi saat dihubungi bersamaislam.com.

Salah satu motor road race yang dicoba Febi untuk persiapan balapan
Putri sulung dari dua bersaudara ini punya cita-cita menjadi pembalap wanita internasional. Meski profesi yang digelutinya identik dengan dunia laki-laki yang keras, uniknya ia tetap berkomitmen untuk memakai hijab, bahkan saat balapan berlangsung.

Meski sempat merasa malu karena takut omongan negatif dari orang lain, namun Febi tetap konsisten dengan jilbabnya. Dia mengaku ingin fokus mengejar prestasi bukan sensasi tanpa harus mengorbankan perintah agama.

"Pesennya buat yang punya cita-cita, yang penting NIAT, minta do'a restu sama ortu biar berkah cita-citanya, percaya diri dan yakin buat gapai cita-citanya, jangan malu ataupun gengsi buat belajar untuk meraih cita-cita. Terus berusaha dan berdo'a serta ikhtiar buat gapai cita," katanya.

"Merendahlah sampai tak ada satu orang pun yang merendahkanmu, fokus dan berikan yang terbaik," tulisnya di Facebook, (04/12/2015) yang lalu.

Febi yang mulai berhijab semenjak lulus SMK itu pun punya trik agar selalu nyaman saat balapan yaitu mengenakan jilbab segi empat. Orang tua juga tetap memberi dukungan selama event yang diikuti adalah balapan resmi, dan mereka selalu mengirim doa untuk kemenangan Febi.

Berikut biodata lengkapnya:

Nama lengkap: Feby Sofi Mayanti
Sapaan: Febi'SM #96
Tempat Tanggal Lahir: Tangerang, 06 Februari 1996
Umur: 19 tahun
Hobi: Balapan
Jumlah saudara: anak pertama dari dua bersaudara
Hal yang gak disukai: Menunggu
Tim yang pernah dinaungi:
- Road Race: JuniorConceptCurutz, Senkke Putra Merpati, JukiJukjun fiat QlunkSpeed
- Dragbike: BeRTe, RaffaRacingDencus fiat OeiRacing, Udiks GRB Tomspeed, KJM RacingTeam

(mh/duniascooter)