Muslim Juga Cinta 'Jesus', Enam Hal Tentang Nabi Isa dalam Islam

Lukisan "Madonna with the Book (Conestabile Madonna)" dibuat oleh Raffaello Sanzio, 1504. Sergio Anelli/Electa/Mondadori Portfolio via Getty Images

bersamaislam.com - Natal, adalah peringatan hari kelahiran Jesus dan merupakan hari raya utama bagi pemeluk agama Kristen di seluruh dunia.

Namun kebanyakan dari umat Kristiani tidak mengetahui jika Jesus atau Isa alaihissalam adalah seorang figur Nabi yang sangat penting dalam agama Islam. Meskipun kaum muslimin tidak merayakan kelahirannya dengan peringatan Natal (meskipun beberapa di antara kita, khususnya muslim di Amerika ikut memperingatinya).

Sebagai penghormatan untuk hari libur ini, berikut adalah 6 (enam) hal yang perlu anda ketahui tentang Jesus atau Nabi Isa dan ibunya, Maryam dalam literatur Islam.

1. Isa (Jesus), Maryam (Maria) dan Malaikat Jibril (roh kudus), ketiganya disebut dalam Al Qur'an. Sebagaimana Adam, Nuh (Noah), Ibrahim (Abraham), Musa (Moses) dan sekelompok karakter lain yang disebut dalam Injil (Bible).

2. Muslim percaya bahwa Isa adalah Nabi utusan Tuhan, dilahirkan oleh seorang wanita perawan bernama Maryam, dan kelak akan kembali ke bumi sebelum hari kiamat untuk menegakkan kembali keadilan dan mengalahkan Dajjal (Mesiah palsu) atau disebut juga Antikrist. Semua keterangan dan kabar ini sangat akrab di kalangan kristen.

3. Perawan Maryam, secara khusus disematkan sebagai salah satu nama surat dalam Al Qur'an. Satu-satunya surat yang diberi nama seorang tokoh perempuan. Fakta lain, Maryam adalah satu-satunya perempuan yang disebut namanya dalam Al Qur'an. Salah satu studi menyebutkan, figur perempuan lain hanya disebut dengan hubungannya terhadap tokoh lain, seperti istri Adam dan ibunda nabi Musa, atau dengan gelarnya seperti Ratu Shaba tanpa menyebutkan nama-nama mereka. Maryam disebutkan lebih sering dalam Al Qur'an dibanding dalam kitab Perjanjian Baru.

4. Sama seperti seluruh Nabi yang lain termasuk Muhammad, Muslim selalu menyebut "alaihissalam" bermakna "atasnya keselamatan" setiap kali menyebut nama Nabi Isa.

Kaligrafi Isa putra Maryam yang diikuti dengan "alaihissalam"

5. Muslim percaya Isa memiliki mukjizat. Al Qur'an mengabarkan beberapa di antara mukjizat tersebut, yaitu menyembuhkan orang buta, sakit lepra, membangkitan orang mati dan menghidupkan burung yang terbuat dari tanah liat.

6. Kisah kelahiran Isa, sebagaimana diceritakan dalam Al Qur'an adalah cerita tentang mukjizatnya yang pertama, yaitu ketika bayi Isa mampu berbicara dan menyatakan dirinya adalah utusan Tuhan. Berikut cerita lengkapnya sebagaimana disebutkan dalam surat Maryam (19), ayat 16-34.

Dan ingatlah (kisah) Maryam di dalam Al Kitab, ketika ia menarik diri dari keluarganya ke suatu tempat di sebelah timur, dan dia menyelimuti dirinya dari mereka. Lalu Kami mengutus ruh Kami (Jibril) kepadanya, dan ia menjelma di hadapannya sebagai manusia yang sempurna. Dia (Maryam) lalu berkata, "Sesungguhnya aku berlindung darimu kepada Tuhan Yang Maha pemurah, jika kamu seorang yang bertakwa". Dia (Jibril) berkata, "Sesungguhnya aku ini hanya utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci".

Maryam berkata, "Bagaimana aku akan memiliki anak laki-laki, sementara tidak ada pria yang menyentuhku dan aku bukan pula seorang pezina!" Jibril berkata, "Demikianlah. Tuhanmu berfirman, itu mudah bagi-Ku; dan agar Kami dapat menjadikannya pertanda bagi manusia dan sebagai kasih sayang dari Kami; dan persoalan ini sudah ditetapkan".

Maka Maryam mengandung dan dia menjauhkan diri ke tempat yang jauh. Dan rasa sakit akan melahirkan memaksanya bersandar ke sebatang pohon kurma. Dia berkata, "Aduhai, alangkah baiknya jika aku mati sebelum ini (melahirkan), dan aku menjadi barang yang tidak berarti, dan dilupakan". Maka Jibril memanggilnya dari bawah, "Jangan bersedih! Sesungguhnya Tuhanmu telah membuat anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah batang pohon kurma itu, kurma segar yang matang akan jatuh ke arahmu. Maka makan, minum dan bersenanglah. Jika kamu melihat seorang manusia, katakan, "Hari ini aku tidak berbicara dengan seorang manusiapun karena sudah bernazar kepada Tuhanku Yang Maha Pemurah".

Lalu Maryam membawa bayi itu (Isa) kepada kaumnya, dia menggendongnya. Mereka berkata, "Hai Maryam, kamu telah melakukan sesuatu yang 'luar biasa'. Hai saudara perempuan Harun, tidaklah ayahmu seorang yang jahat dan ibumu bukanlah pezina". Maka Maryam menunjuk kepada anaknya. Mereka berkata, "Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih dalam ayunan?"

Berkata (bayi) Isa, "Sesungguhnya aku ini pelayan Tuhan (hamba Allah), Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi, dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia perintahkan kepadaku untuk shalat dan zakat selama aku hidup, dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka. Kedamaian untukku pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali".

Itulah Isa putera Maryam, mengatakan yang haq (benar), yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya.

Merry Christmas!

Diterjemahkan secara bebas tanpa pengurangan dari tulisan Jennifer Williams, Deputy Foreign Editor di Vox Media dengan judul "Muslims love Jesus, too: 6 things you didn’t know about Jesus in Islam".

Post a Comment

0 Comments