Tiga Tips Agar Loe Selalu Berpikir Kreatif dan Punya Ide

Tips kreatif dan banyak ide
Agar bisa kreatif dan banyak ide (Ilustrasi)
bersamaislam.com - Teman-teman pernah kehilangan ide? Get stuck dan tidak tahu harus bagaimana? Berpikir kreatif mudah dibicarakan namun sering kali sulit dalam prakteknya. Beberapa tips berikut insya Allah bisa membantu untuk keluar dari masalah itu.

1. Selalu pikirkan cara yang lebih baik
Kreatif: Selalu berpikir cara baru

Banyak cara untuk menyelesaikan sesuatu. Cara yang biasa kita lakukan belum tentu yang terbaik loh. Karena itu, sebaiknya kita sediakan beberapa alternatif ketika mengerjakan tugas. Lalu pilih yang lebih baik.

Jangan terjebak dalam comfort zone ya? Artinya, jangan merasa nyaman melakukan cara yang sama terus menerus. Itu hanya membuat kita menjadi seperti air yang tidak mengalir. Ingat, air yang sehat adalah air yang mengalir. Sedangkan air yang tidak mengalir lama kelamaan akan membusuk.

2. Percaya bahwa sesuatu dapat dilakukan
Tips kreatif dan banyak ide
Kreatif itu setiap ide harus dicoba

50 tahun yang lalu mungkin orang Indonesia tidak membayangkan bisa nonton piala dunia yang berlangsung di Afrika pada waktu yang sama, secara live.

25 tahun yang lalu mungkin kita yang lagi di Indonesia juga tidak membayangkan bisa ngobrol dengan orang tua atau teman yang sedang di luar negeri sambil melihat orangnya langsung.

Sekarang semua sudah tidak aneh lagi. Ada kotak ajaib bernama televisi, pc, laptop, handphone, dan lain-lain. Hal-hal yang dulu mungkin dianggap mustahil, sekarang dapat dilakukan hanya dengan menggunakan satu alat saja. Dan semua itu berawal dari mimpi orang-orang yang percaya bahwa sesuatu dapat dilakukan.

Percaya bahwa sesuatu dapat dilakukan membuka kesempatan otak untuk berpikir. Ini adalah makanan yang sangat baik bagi otak untuk berkembang.

3. Pikirkan hal istimewa yang ingin anda lakukan dan tulis mengapa anda dapat melakukannya
Tuliskan ide
Kreatif itu setiap ide harus ditulis dan just try it

Ini artinya kita melatih keinginan, sekaligus melihat potensi yang kita punya. Sangat baik untuk memiliki keinginan dan cita-cita yang istimewa. Beri kesempatan pada diri kita untuk melakukan hal yang hebat. Kemudian gali kekuatan kita utk wujudkan semua itu.

Bagaimana temans? Semoga bermanfaat ya...

Oleh: Sy. Nani Rahmani, S.S., M.Si.
Ketua Departemen Humas PW Salimah Sumut