Emine Erdogan, First Lady Turki Ini Bicara di Forum Dunia Kenakan Hijab

Emine Erdogan (Foto: Dailysabah)

bersamaislam.com - Ibu negara Turki, Emine Erdogan memberikan sambutan pada forum Bisnis 20 - Women 20 yang berlangsung di sela-sela pertemuan pemimpin negara-negara G20 yang diselenggarakan di propinsi Antalya, Turki.

Dalam balutan hijab biru yang menutup kepalanya, pidato First Lady yang disampaikannya dengan sangat percaya diri itu mengundang decak kagum. Dia menyinggung soal moral dan etika negara-negara berkembang dalam persoalan pengungsi di hadapan 700 pemimpin perusahaan dunia.

"Sebagai seorang ibu, aku tidak bisa menerima kenyataan adanya anak-anak yang jatuh ke laut dan kehilangan hidupnya, mencoba melewati kawat berduri," katanya pada Minggu (15/11/2015) seperti dilansir Daily Sabah.

"Selalu saja yang paling terkena dampak dari tragedi kemanusiaan ini adalah perempuan dan anak-anak," katanya.

Istri Presiden Recep Tayip Erdogan itu juga mengatakan perempuan dan anak-anak harus membayar sangat mahal atas tragedi global yang sedang terjadi.

"Kita harus berkata STOP pada segala jenis kekejaman tanpa diskriminasi bahasa, agama dan ras. Kita tidak seharusnya mengorbankan perempuan dan anak-anak atas nama perang agama apapun," tambahnya.

"Mari berpikir tentang seorang ibu yang melarikan diri dari peperangan, dia mengambil resiko untuk dirinya dan anak-anak," katanya.

Dia juga mencatat ada 65.000 bayi telah lahir di kamp pengungsi Turki sejak tahun 2011.

"Kebutuhan dasar dari sebuah negara besar adalah menjaga nilai-nilai kemanusiaan setinggi mungkin. Dalam hal ini, saya mengajak kelompok internasional untuk berdiri secara lebih beretika dan bermoral dalam persoalan pengungsi. Dan saya mengajak seluruh pemimpin dunia bersama pasangannya, dunia bisnis, organisasi sipil, dan para bos media untuk bekerja sama." (ay/dailysabah)

Post a Comment

0 Comments