Keren, Ridwan Kamil Gagas Parade Persib Juara Berbalur Sumbangan Korban Asap dan Shalat Istisqa

Ridwan Kamil memberi selamat usai Persib menjadi kampiun Piala Presiden 2015 (Foto: Okezone)

bersamaislam.com - Persib Bandung berhasil menjadi kampiun dalam gelaran turnamen Piala Presiden 2015 setelah mengandaskan perlawanan Sriwijaya FC 2-0 di stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Walikota Bandung, Ridwan Kamil berencana menggelar perayaan kemenangan tersebut namun dengan kemasan yang sangat unik dan bernilai sosial.

Di Facebook, Kang Emil menulis ajakan untuk parade kemenangan Persib sekalian patungan mengumpulkan sumbangan untuk korban asap di Sumatera dan Kalimantan.

"Kami ingin merayakan kebahagiaan kemenangan Persib sesuai aspirasi, namun kami juga berempati dengan situasi negara hari ini. Jadi jika warga Bandung ingin ada parade kemenangan Persib, hari Minggu tanggal 25 Oktober 2015, saya imbau warga Bandung menyumbangkan sebagian hartanya untuk korban asap Sumatera/Kalimantan. Mohon koordinir via Kelurahan atau organisasi masing-masing. Hatur nuhun," tulisnya pada Senin (19/10/2015).

"Kalau itu disepakati, saya baru mau. Sambil merayakan kemenangan, kita berempati. Plus nanti saya ajak pengusaha untuk menyumbang juga," kata Ridwan Kamil di Detik (19/10/2015).

Bahkan Ridwan Kamil mempertimbangan usulan seorang netizen untuk mengadakan shalat Istisqa atau shalat minta hujan agar kabut asap segera hilang dari seluruh daerah di Indonesia.

"Kang Emil. Nanti pas perayaan Persib gimana kalau adain solat minta hujan untuk daerah Sumatera dn Kalimantan biar asepnya cepet padem. Insya allah kalau bareng-bareng Tuhan akan mendengar (smile emoticon) sekalian doa bersama untuk bersyukur Bandung masih dilindungi Tuhan dari bencana alam," kata Arum Hapsari Azmi.

"Ide baik, nanti saya coba pikirkan teknisnya," balas Kang Emil.

Himbauan Ridwan Kamil untuk pengumpulan sumbangan itu mendapat respon yang sangat positif. Seorang warga Kelurahan Cicaheum langsung berjanji akan mengkoordinir para pemuda di daerahnya.

"Insya Alloh kami selaku pemuda pemudi RW 7 Kelurahan Cicaheum akan mengkordinir uang untuk sumbangan korban asap," kata Handi Setiana.

Bahkan netizen dari Sumatera dan Kalimantan ikut terharu dengan aksi walikota Bandung tersebut. Mereka menyampaikan terima kasih kepada Kang Emil dan seluruh warga Bandung atas perhatian dan kepeduliannya terhadap apa yang mereka alami. (ay)