Ini Dia Leopard WK, Pelaku Bom Mall Alam Sutera Tangerang

Leopard Wisnu Komala (Foto: Merdeka)

bersamaislam.com - Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Densus 88 berhasil meringkus pengebom mall Alam Sutera hanya beberapa jam paska bom meledak. Leopard Wisnu Komala ditangkap di Kota Serang, Banten, tepatnya di Kompleks Banten Indah Permai, Rabu (28/10/2015) kemarin.

Siapakah Leopard sebenarnya? Dan kenapa dia disebut Lone Wolf?

Seperti dilansir CNN Indonesia, Kamis (29/10/2015), Leopard adalah seorang pemuda yang mahir di bidang Informatika. Pria beragama katolik kelahiran tahun 1986 ini lulus kuliah pada tahun 2008 dari kampus STTIKOM Insan Unggul, Jurusan Manajemen Informastik Konsentrasi Informatika & Komputer.

Leopard diketahui sudah menikah dan berdomisili di Perumahan Griya Serdang Indah Blok B16 Nomor 16, Cilegon, Banten. Dia mengaku membuat bom saat istrinya sudah tidur.

Sebelumnya diberitakan, sebuah bom meledak di toilet pria lantai LG mall Alam Sutera, Tangerang, Banten. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ledakan tersebut, namun seorang keryawan mengalami luka di bagian kaki.

Leopard sudah tiga kali melakukan pengeboman di mall tersebut. Yang pertama adalah pada tanggal 6 Juli 2015 dan yang kedua pada tanggal 9 Juli 2015. Pada percobaan pertama bom tidak sampai meledak. Baru pada yang kedua dan ketiga kalinya bom berhasil meledak.

Pihak kepolisian mengungkap keberadaan Leopard tidak terkait dengan jaringan terorisme global. Leopard bertindak sendiri (Lone Wolf = Serigala Sendiri) dengan motif ekonomi bukan ideologi.

"Pelaku tidak terkait sama sekali dengan jaringan teror yang sudah dipetakan oleh kepolisian selama ini, jadi pelaku tunggal dan motifnya bukan dalam rangka ideologi tetapi lebih banyak masalah ekonomi untuk melakukan pemerasan untuk mendapatkan uang," jelas Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Tito Karnavian. (rms/cnnindonesia)