Beredar Video Tindakan Rasis Terhadap Muslimah Hamil di Bus London

Video salah seorang wanita negro menghina dua orang muslimah (img:bbc)

bersamaislam.com London - Di situs video terkenal Youtube sedang dihebohkan dengan video seorang wanita berkulit hitam (negro) menghina dua orang wanita muslim berhijab dengan kata-kata yang sangat kasar. Video ini difilmkan di dalam bus di London dan upload ke Facebook pada hari Rabu (14/10). Dimulai dengan seorang wanita negro karena ketidaksukaannya terhadap islam ia langsung berkata-kata kasar. Dia berteriak dan menghina seorang wanita Muslim hamil, dan parahnya ia mengancam untuk menendang perutnya.

Seperti dilansir BBC, wanita kasar tersebut melanjutkan penghinaannya, menyebut wanita berhijab disampingnya sebagai pendukung Negara Islam, seorang pembom bunuh diri. Wanita negro tersebut berkata: "Kembali ke negara anda!" Sopir bus menghentikan bus dan mencoba menenangkan wanita itu agar segera turun, namun tidak berhasil. Ketika bus mulai berjalan lagi, kerusuhan malah bertambah. Video ini dilihat lebih dari 750.000 kali sebelum diblokir pada Jumat pagi (16/10).

Kejadian tersebut bukanlah hal yang baru. Tapi insiden tersebut menjadi heboh karena ternyata pelaku pelecehan adalah wanita berkulit hitam yang di zaman dahulu menentang rasisme mati-matian. Wanita tersebut, yang belum teridentifikasi namanya, memiliki aksen bahasa Inggris London, dan ironinya ia banyak berkomentar tentang asal etnis para muslimah yang dicacinya.

"Saya tidak mengerti bagaimana imigran kedua (generasi ketiga) bisa mengatakan hal-hal seperti 'kembali ke negara Anda sendiri' ketika itu adalah jenis prasangka yang dihadapi nenek moyang kita," komentar salah satu etnis minoritas di London melalui media sosial.

"Sebagai seorang pria kulit hitam saya merasa malu, bagaimana orang berkulit hitam dapat mengatakan 'kembali ke negara anda! Karena orang lain akan memutarbalikkan pertanyaan itu padanya," tulis netizen yang lain.

"Dia berprilaku seperti itu seolah-olah dia orang Inggris yang asli! Kembali ke negara Anda dan kami juga akan kembali ke negara kami," komentar salah satu netizen Muslim. "Kali ini bukan wanita berkulit putih, ternyata orang-orang dari ras lain juga memiliki sifat rasis jahat di dalamnya," komentar netizen lain.

"Sangat mengejutkan melihat hal ini terjadi. Ini adalah pengingat bahwa prasangka bisa datang dari segala arah," kata Sunder Katwala, Direktur British Future, sebuah organisasi independen yang bekerja pada isu-isu identitas. "Faktanya wanita berkulit hitam tidak membuatnya lebih atau kurang dapat diterima. Dalam masyarakat yang beragam, kita perlu untuk melawan jenis perilaku tidak peduli daarimana mereka berasal." ujarnya.

Inilah videonya: