Bajrangi Bhaijaan, Saat Gadis Cilik Muslim Yang Bisu Satukan Hindu India dan Islam Pakistan

Salman Khan dan Harshaali Malhotra dalam film Bajrangi Bhaijaan

bersamaislam.com - "Assalamualaikum. Aku Chand Nawab. Hari ini aku akan bercerita tentang
seorang pria yang kemari tanpa visa. Tapi memasuki negeri kita melalui terowongan perbatasan di malam hari. Namanya Bajrangi.

Sama seperti polisi, Aku juga yakin kalau dia itu mata-mata India. Tapi sekarang aku tahu... Kalau dia bukan mata-mata. Lalu, siapakah dia? Kenapa dia di negara kita? Apa yang dia inginkan?

Dia hanya pria biasa sama seperti kita semua. Dan dia kemari karena satu alasan. Cinta.

Kecintaannya pada gadis cilik bisu usia 6 tahun yang terpisah dari orang tuanya di India. Saat tak ada pilihan lagi yang tersisa... Dia harus ambil langkah ini demi menemukan orang tuanya.

Seluruh saluran TV menolak menyiarkan kisah ini. Mereka menyebutnya sampah dan murahan. Dan takkan ada yang tertarik. Jadi aku minta kalian agar membantu Bajrangi... temukan orang tua anak ini. Dan juga pastikan ia kembali ke negaranya dengan selamat.

Jika kau kenal anak ini atau tahu apapun, silahkan tinggalkan nomor hp kalian di website ini. Nanti kami hubungi. Bersama kameramen Shah Nawab, Aku Chand Nawab melaporkan dari Kashmir."

***

Demikian narasi video yang diposting ke Youtube oleh wartawan televisi Pakistan, Chand Nawab. Dia tergerak membantu Pavan Chaturvedi, warga India berkasta Brahmana pemuja dewa Hanuman yang taat atau biasa dipanggil Bajrangi Bhaijaan.

Bajrangi harus menempuh ribuan kilometer dari tempat tinggalnya di India demi mengantarkan Shahida, seorang gadis cilik muslim yang bisu berusia 6 tahun ke desa Sultanpur kawasan Kashmir, Pakistan. Dia harus mengantarnya sendiri karena kepolisian, kedutaan hingga biro travel menolak dengan alasan buruknya hubungan diplomatik antara India dan Pakistan.

Salah satu adegan saat penduduk Pakistan memberitahu Bajrangi dan Nawab letak daerah Kashmir yang diduga kampung halaman Shahida

Shahida tertinggal kereta api saat hendak kembali ke desanya, dia bahkan hampir dijual ke rumah bordil. Bajrangi mendapati Shahida dalam keadaan kumal dan kelaparan. Mengembalikan Shahida kepada orang tuanya semakin sulit karena gadis cilik itu tidak bisa berbicara.

Dalam perjalanannya mencari orang tua Shahida, Pavan atau Bajrangi menunjukkan kebaikan dan kepolosan hatinya yang dilatarbelakangi ketaatan terhadap ajaran Hindu. Namun di sisi lain, pandangan Bajrangi terhadap muslim dan Pakistan perlahan berubah. Dia bisa merasakan kebaikan dari muslim Pakistan pada diri wartawan Chand Nawab, kondektur bus, hingga Maulana Shahab imam mesjid Jami'atul Huda yang melindunginya dari kejaran polisi.

Maulana Shahab menolong Bajrangi, Shahida dan Nawab dari kejaran polisi

***

Bajrangi Bhaijaan adalah sebuah film Bollywood yang dirilis menyambut hari raya Idul Fithri 2015. Film yang dibintangi Salman Khan ini mampu menguras air mata penonton sejak awal hingga akhir meski aslinya bergenre drama komedi. Senyum charming Harshaali Malhotra, pemeran Munni alias Shahida membuat film ini begitu memikat untuk ditonton. Ditambah eksotisme New Delhi dan keindahan alam Kashmir, rasanya tidak cukup sekali mengulang film ini.


Namun yang paling esensial adalah pesan yang disampaikan film tersebut soal cinta, kedamaian dan persatuan. Antara India dan Pakistan, antara Hindu dan Islam yang kerap berkonflik di sana. Bahkan menjadi sindiran bagi seluruh dunia soal perdamaian dan persahabatan.

Banyak yang berharap agar kisah dalam film ini benar-benar terjadi di dunia nyata.

"This is not a movie this is transcendence, as an Indian muslim I am quite aware of the hatred from both sides, mostly from people who are uneducated or brought up with negativity instilled in their minds. I had to literally pause the movie to write this, the movie exceeded my expectations by eons. I didn't think Bollywood was capable of such cinematic excellence. The only thing i wish right now is if only this was based on a real life event"


"Ini bukan sebuah film, ini transenden (melampaui dunia), sebagai seorang muslim India saya benar-benar sadar kebencian dari kedua negara ini, kebanyakan dari orang-orang yang tidak berpendidikan atau orang yang dibesarkan dengan pikiran negatif. Saya sampai berhenti nonton untuk menuliskan ini, film ini melampaui harapan saya hingga ribuan tahun. Saya tidak menyangka Bollywood bisa membuat film yang sangat cemerlang ini. Harapan saya saat ini adalah seandainya film ini berdasarkan pada kisah nyata," komentar Faisal M di Youtube.

"It was really super amazing story, it deserve Oscar really!! I like how the story focus in humanity without the interference of religion or tradition. We need this world to become more humanity!"

"Benar-benar cerita yang sangat luar biasa, layak mendapatkan Oscar!! Saya suka karena ceritanya fokus pada kemanusiaan tanpa interfensi dari agama atau tradisi. Kita membutuhkan dunia yang lebih humanis!" tulis Fathoom Chan.

Shahida mengenakan hijab

Pemeran utama dalam film keluarga ini adalah Salman Khan sebagai Pavan/Bajrangi, Harshaali Malhotra sebagai Munni/Shahida, Kareena Kapoor sebagai Rasika dan Nawazuddin Siddiqui sebagai Chand Nawab. Film ini telah dirilis di seluruh dunia pada 17 Juli 2015 saat akhir pekan Idul Fitri. Bajrangi Bhaijaan menjadi film India tercepat yang memperoleh pendapatan hingga satu miliar rupee pada pasar domestik dan menjadi film kedua terlaris di India dan film Bollywood terlaris kedua di pasar internasional.

Berikut sound track lagu Tu Jo Mila (Saat Berjumpa Denganmu) yang melatari film tersebut dan sudah ditonton hingga 8jt kali atau klik link Youtube.


(rms)