Jokowi Undang Presiden Kudeta Mesir As-Sisi, Dunia Maya Banjir Penolakan

Seruan Tolak As-Sisi ke Indonesia

bersamaislam.com - Banjir penolakan datang dari netizen atas rencana kedatangan Presiden kudeta Mesir Abdul Fatah As-Sisi ke Indonesia hari ini, Jumat (04/09/2015). Berbagai meme, status, tagar hingga petisi ikut meramaikan penolakan tersebut.

Sebagaimana diberitakan, kedatangan As-Sisi hari ini ke Jakarta adalah atas undangan dari Presiden Jokowi yang disampaikan oleh Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Alwi Shihab. Direncanakan malam ini akan ada jamuan santap malam untuk Presiden hasil kudeta militer tersebut.

Siti Maria, 32, misalnya menyerukan penolakan sembari mengunggah beberapa meme yang sudah banyak beredar di dunia maya.

"Reject As Sisi! Jangan sampai masuk tanah air Indonesia!!" tulisnya di Facebook.

Di twitter, tagar #TolakAsSisi pun sempat bertengger menjadi trending topik. "Pemimpin suatu negara yang menerima kunjungan seorang penjahat HAM kelas berat adalah... #TolakAssisi," tulis Jonru, aktivis media sosial yang kerap mengkritik pemerintah.

"Presiden RI @jokowi & Wapres RI @Pak_JK tentu paham: pelanggaran HAM berat yg dilakukan Jend El-Sisi. #tolakAsSisi," tulis akun @sapto_waluyo sambil memension akun twitter milik Presiden dan Wakil Presiden.

Petisi penolakan juga diluncurkan di laman change.org. Hingga berita ini diturunkan, sudah lebih dari 3000 netizen menandatangani petisi tersebut.

"Presiden RI Joko Widodo harus memperhatikan aspirasi masyarakat Indonesia dan menghormati UUD RI yang menjamin kemerdekaan bangsa dan kebebasan warga negara. Sudah terlalu banyak bukti pelanggaran HAM berat yang dilakukan as-Sisi, tidak hanya membungkam suara kritis, melainkan juga menangkap, menyiksa dan memenjarakan ribuan warga tanpa kesalahan jelas, serta membantai ribuan warga sipil tak bersenjata. Kejahatan as-Sisi lebih keji daripada Augusto Pinochet (Chile) atau Slobodan Milosevic (Serbia)," demikian keterangan pada petisi tersebut.

Sementara itu, aksi penolakan juga dilakukan oleh berbagai elemen di depan Istana Negara sejak kemarin hingga hari ini. Mereka membawa puluhan poster dan menyebut As-Sisi sebagai penjahat HAM yang layak diadili.

Berikut berbagai meme dan poster penolakan As-Sisi yang muncul di dunia maya.





(Ahmad Yasin)