Innalillahi, Syeikh Umar Abdullah Kamil Ulama Penulis Kitab "Dialog Santai" Telah Wafat

Syeikh Dr. Umar Abdullah Kamil

bersamaislam.com - Inna lillaahi wa inna ilaihi raaji'un. Dunia islam kembali berduka dengan wafatnya seorang ulama. Pagi Rabu kemarin (19/8), salah seorang ulama rabbani kembali menghadap Allah SWT.

Beliau adalah Asy Syeikh Dr. Umar Abdullah Kamil. Seorang Alim Faqih, Ushuli, Ahli Aqidah dan Tashawuf. Bermazhab Syafi'i dan memiliki banyak karangan dalam mazhab yang lain. Banyak menjawab tuduhan-tuduhan yang dialamatkan kepada mazhab Asy'ariah dalam masalah-masalah aqidah, begitu pula masalah-masalah tasawuf dan hadits.

Beliau salah seorang hafizd yang dilahirkan di Mekkah pada tahun 1371 hijrah dan memperoleh Sarjana Muda di dalam Bidang Ekonomi dan Sains Politik di Universitas Malik Sau'd, Riyadh pada tahun 1975 masehi. Setelah itu beliau mendapatkan titel Sarjana dan Master di dalam bidang Ekonomi Islam di Universitas Karachi, Pakistan.

Di samping itu beliau juga memiliki ijazah Master di bidang Ekonomi Islam dari Universitas Wales, Inggris. Lalu beliau menyelesaikan gelar Doktoral atau PHD di bidang Pengajian Islam di Karachi, Pakistan. Juga mendapatkan ijazah PHD pada kuliah Syariah di bidang Ushul Fiqh di Universitas Al-Azhar, Mesir.

Di antara buku karangan beliau adalah:
1. Rukhsah Syariah Dalam Ilmu Ushul
2. Fiqh Muamalat Menurut Pandangan Islam
3. Kaedah-kaedah Adab Ikhtilaf
4. Syarah Muktasor Akidah Tohawiyah
5. Mafahim Yajib An Tusohhah

Salah seorang mahasiswa Universitas Al-Azhar, Awwaluz Zikri Abu Mu'adz, mengungkapkan kekagumannya terhadap beliau semasa hidupnya.

"Hal yang patut diteladani dari beliau adalah tidak pernah menyerang orang lain dalam kitab-kitabnya, namun lebih kepada menjawab permasalahan-permasalahan yang dimunculkan oleh pihak-pihak tertentu seperti golongan Syiah, anti bermazhab, anti Asy'ariah dan lain-lainnya. Sehingga banyak kitab-kitab beliau berjudul "Dialog Santai", ujar Zikri.

"Silahkan baca kitab beliau niscaya tidak ada kata umpatan, cacian terhadap siapapun. Walaupun dalam kitab-kitab jawaban beliau terhadap serangan-serangan penyesatan ahlu sunnah wal jama'ah baik dalam masalah aqidah maupun furu', lanjutnya lagi.

"Uslub yang mudah dan menarik, pemaparan kajian setiap masalah sesuai fakta sejarah dan ilmiyah, juga moderat dalam bersikap merupakan keunikan dan kelebihan yang diberikan Allah Swt dalam setiap karangan-karangan beliau", tutupnya.

Wafat di usia 65 tahun pagi hari Rabu, dan dishalatkan di mesjid Nabawi pada Kamis siang (20/8/2015).

Post a Comment

0 Comments