Ini Dia Sosok Korea Muslim Dibalik Sukses Samsung Indonesia

Lee Kang Hyun, VP Samsung Electronic Indonesia (Foto: Detik)

bersamaislam.com - Inilah dia seorang muslim dibalik kesuksesan Samsung Indonesia. Ya, dia adalah Lee Kang Hyun. Vice President Samsung Electronic Indonesia. Pak Haji yang menjadi muallaf sejak tahun 1994.

Dikutip dari berbagai sumber, Lee mengucapkan syahadat di mesjid Sunda Kelapa sejak tahun 1994. Itu artinya sudah 19 tahun pria asal Korea itu memeluk agama Islam. Cerita hidayah yang menghampiri Lee cukup banyak menjadi inspirasi bagi karyawan Samsung. Bermula dari kedatangannya ke Indonesia pada bilangan tahun 80-an karena hendak mengunjungi sahabat pena, dia akhirnya benar-benar menetap setelah Samsung Korea menugaskannya ke Jakarta.

Di sinilah dia bertemu dengan Roshim Hamzah, pria keturunan Aceh yang pernah bertugas di Bank BNI. Roshim banyak mengajarkannya tentang agama Islam meski tidak pernah memaksanya untuk pindah agama.

“Pak Roshim tak pernah memaksakan kehendak. Dia malah lebih banyak hanya memberi contoh bagaimana bisa taat beragama dengan tetap bisa berkarya secara profesional,” tukas Lee di lintas.me, pada 18 Februari 2013 yang lalu.

Hidayah ini banyak memberi hikmah bagi Lee Kang Hyun. Dan hikmah terbesar adalah kehadiran sosok Yuliani, sang istri yang dinikahinya pada tahun 1996, dua tahun sejak menjadi muallaf. Yuliani lah yang banyak mengajarkan Islam kepadanya dan kepada tiga orang buah hati mereka, Lee Bonny, Lee Boram dan Lee Bohyun.

Ujian terberat bagi Lee sejak menjadi muallaf adalah saat harus menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan saat pulang ke Korea. Di tanah kelahirannya itu, menjadi atheis adalah sesuatu yang jamak. Bahkan agama Islam masih dianggap suatu aliran yang aneh. Apalagi saat Islam melarang minuman keras dan beralkohol, padahal minum Soju adalah salah satu tradisi Korea untuk menghormati tamu.

"Teman-teman Korea tidak lagi menawarkan minuman. Karena mereka tahu saya seorang muslim. Mereka sangat menghormati," cerita Lee di Detik, Selasa (18/08/2015) kemarin.

Salah satu cita-cita Lee yang belum terlaksana adalah menunaikan ibadah haji. Meski selalu dipanggil Pak Haji oleh karyawan Samsung, dia sebenarnya baru mengecap ibadah umroh sebanyak dua kali. Cuti haji yang lebih panjang dari cuti tahunan menjadi halangan bagi dirinya untuk melaksanakan rukun Islam kelima tersebut.

Post a Comment

0 Comments