Agar Malaikat Berdoa Untukmu

Ilustrasi (img: Republika)

Senjata seorang mukmin adalah berdoa kata Rasulullah SAW pada suatu hari. Ini menunjukkan bagaimana doa tidak sekadar menjadi pelengkap ritual ibadah apalagi cuma jadi penutup acara seremoni. 

Sebagai senjata, doa haruslah menjadi pamungkas dalam mengalahkan hawa dan nafsu yang mengajak kepada kemaksiatan. Mengalahkan setan dan iblis yang senantiasa menggoda manusia.
Doa haruslah menjadi cara untuk mendidik diri kita agar senantiasa sadar akan adanya Dzat yang Maha Kuasa.

Lalu bagaimana jika kita sebagai manusia malah didoakan oleh Malaikat? Makhluk Allah yang senantiasa taat padaNya? Mungkinkah itu terjadi?

Demikianlah Rasulullah pernah berpesan apabila kita ingin didoakan oleh Malaikat, maka doakanlah kebaikan untuk saudara kita tanpa sepengetahuan dirinya. Maka Malaikat akan berdoa hal yang sama untuk diri kita.

"Seorang muslim yang berdoa bagi saudaranya tanpa diketahui oleh orang yang didoakan, maka doanya adalah mustajab. Malaikat ada di kepalanya menjadi wali baginya. Tiap kali dia mendoakan kebaikan bagi saudaranya, Malaikat itu akan berkata: Aamiin dan bagimu juga apa yang ia dapatkan." (HR. Muslim)

Masya Allah, semoga lisan kita senantiasa mendoakan kebaikan untuk saudara kita sehingga kita layak didoakan oleh Malaikat.