Inilah Istri-istri Nabi Muhammad SAW


Dikutip dari buku "Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager" karangan Dr. Muhammad Syafii Antonio, M.Ec, nabi SAW hanya memiliki seorang istri, Khadijah, selama lima belas tahun sebelum kerasulan dan sepuluh tahun sesudahnya. Dalam masa itu, sama sekali tidak ada catatan yang mengatakan bahwa Muhammad SAW ingin menikah dengan perempuan lain baik ketika Khadijah masih hidup atau pun ketika ia belum kawin dengan Khadijah.

Belum pernah terdengar ia termasuk orang yang mudah tergoda oleh wanita lain. Jadi aneh juga ada yang menuduh bahwa Muhammad SAW memiliki syahwat yang berlebihan terhadap wanita sehingga mendorongnya untuk beristri banyak.

Rasulullah SAW menikah dengan Khadijah pada saat berumur 25 tahun. Sedangkan Khadijah waktu itu adalah seorang perempuan dengan status janda dua kali punya anak 4 orang dan sudah berumur 40 tahun. Namun beliau hanya beristrikan Khadijah sampai 25 tahun lamanya. Kemudian sempat menduda beberapa waktu sebelum kemudian menikah untuk yang kedua kalinya. Pada masa pernikahan yang kedua inilah beliau memiliki lebih dari satu istri atau selama lebih kurang 11 atau 12 tahun.

Kalau memang Muhammad SAW demikian, tentu dia akan telah beristri selain Khadijah. Apalagi kaum Quraisy bersedia mencarikan wanita pilihannya untuk dinikahinya asalkan Muhammad SAW mau menghentikan dakwahnya. Selain itu, kalau memang syahwat yang mendorong beliau berpoligami, tentu akan dilakukannya di usia yang lebih muda dan kaum Quraisy akan dengan senang hati mencarikannya.

Namun seperti dalam tabel di bawah, hanya 2 orang istri beliau yang berstatus gadis berusia di bawah 40 tahun ketika dinikahi yaitu Aisyah dan Mariyah al-Kibtiyyah. Selebihnya adalah janda yang sudah berusia di atas 40 tahun, selain Hafshah yang berusia 35 tahun. Dan setiap pernikahan beliau ada latar belakang dakwah yang mengiringinya. Kami uraikan dalam artikel berikutnya. Baca: Memahami Pernikahan-pernikahan Nabi Muhammad SAW

Istri-istri Rasulullah SAW (Sumber: Buku Muhammad The Super Leader Super Manager)
(rl)