Keren! Pasar di Padang ini Berhenti Saat Azan Shalat Fardhu

Pasar di Padang hentikan aktifitas saat azan shalat fardhu.
Salah satu pasar di Padang

bersamaislam.com Padang - Pasar Raya di Kota Padang dikabarkan sedang direvitalisasi dengan mengacu pada konsep Islam. Hal tersebut diungkapkan oleh pihak Pemerintah Kota Padang, Sumatra Barat.

"Rencananya nanti bangunan pasar akan dihubungkan dengan Masjid at-Taqwa yang terletak di sekitar pasar. Hal ini untuk memudahkan para penjual dan pembeli untuk beribadah," jelas Wakil Walikota Padang Emzalmi kepada awak media di Padang pada Senin (18/4).

Pasar di Padang hentikan aktifitas saat azan shalat fardhu.
Wakil Walikota Padang Emzalmi

Emzalmi mengatakan bahwa dalam pembangunannya nanti pada fase pertama hingga fase ketujuh akan disatukan dengan koridor masjid.

"Nanti bila dilihat atap bangunan pasar akan mirip seperti orang yang sedang melakukan sujud," jelasnya.

Pasar di Padang hentikan aktifitas saat azan shalat fardhu.
Walikota Padang Mahyeldi saat meninjau pasar


Menurutnya, konsep pembanguan yang bernuansa islami tersebut akan membuat nyaman transaksi jual beli. Dan kedepannya konsep pasar akan diterapkan sesuai Al-Quran dan hadits.

"Pembangunan pasar dengan konsep Islami ini bertujuan untuk membuat warga termotivasi untuk beribadah bersama," katanya.

Nantinya, lanjut dia, penyambungan pasar dan masjid di dalam satu koridor mempunyai tujuan supaya ketika waktu shalat tiba, para pengunjung dan penjual Muslim bisa dengan mudah melaksanakan shalat fardhu.

Selain itu, ia menyebutkan bahwa nantinya akan berlaku peraturan waktu shalat bagi penjual dan pembeli muslim.

"Nantinya akan berlaku peraturan, dimana ketika azan, maka jual beli dihentikan dan semua warga muslim melaksanakan shalat berjamaah," ungkapnya.