Deddy Mizwar: Kawal Pemerintah Selesaikan Masalah Rohingya Agar Tak Terulang

Deddy Mizwar sebut umat Islam harus kawal pemerintah agar serius selesaikan masalah muslim Rohingya agar tak terulang lagi.
Deddy Mizwar saat berorasi

bersamaislam.com Bandung - Kekesalan umat Islam terhadap pemerintah Myanmar yang disinyalir melakukan penghapusan etnis muslim Rohingnya semakin menjadi-jadi. Sejumlah tokoh mengecam tindakan yang dianggap diluar nalar kemanusiaan tersebut, salah satunya Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (Demiz). Lebih lanjut ia juga mengatakan bahwa umat Islam harus kawal pemerintah agar fokus dan serius selesaikan masalah Rohingya agar tak terulang lagi.

Dalam orasinya dalam acara aksi solidaritas untuk Rohingya yang diadakan di depan Gedung Sate Bandung pada Senin (4/9), Demiz menyampaikan dukungannya secara penuh terhadap aksi yang diadakan oleh Forum Ulama Jabar tersebut.

Dalam aksi yang bertujuan untuk menghentikan pembantaian dan konflik kemanusiaan yang menimpa muslim Rohingya, Demiz juga mengecam pembantaian muslim Rohingya yang telah dilakukan selama bertahun-tahun.

Deddy Mizwar sebut umat Islam harus kawal pemerintah agar serius selesaikan masalah muslim Rohingya agar tak terulang lagi.

Selain itu, ia mengatakan agar konflik serupa tidak sampai terjadi di Indonesia.

"Ini harus dijaga. Jangan sampai ada konflik etnis maupun konflik agama di Indonesia. Hal ini harus kita cegah agar tidak sampai terjadi," pintanya.

Menurut aktor dan sutradara senior Indonesia tersebut, sekarang pemerintah sedang berupaya untuk menghentikan kekerasan terhadap muslim Rohingya.

Pria yang pernah menjadi Ketua Badan Pertimbangan Perfilman Nasional periode 2006-2009 ini juga meminta semua pihak untuk mengawal langkah pemerintah agar hasilnya lebih maksimal.

"Kita berkewajiban untuk mengawal pemerintah agar bisa meraih tujuan. Jangan sampai terjadi lagi pembantaian tersebut," tegasnya.