Soetrisno Bachir Heran Sumbangan buat Amien Rais Dikaitkan dengan Korupsi Alkes

Soetrisno Bachir sebut bantuan untuk Amien Rais bukan dari dana perusahaan, namun dari dana pribadinya.
Soetrisno Bachir

bersamaislam.com Jakarta - Kasus dugaan aliran dana pengadaan alat kesehatan yang masuk ke rekening Amien Rais diklarifikasi oleh Ketua Dewan Pembina Partai Amanat Nasional (PAN) Soetrisno Bachir. Terkait hal itu, ia mengaku heran bila ada pihak yang mengaitkan dana sumbangan pribadinya tersebut dengan korupsi Alat Kesehatan (Alkes).

Klarifikasi tersebut untuk menjawab dakwaan Jaksa Penuntut Umum KPK yang menyebut aliran dana alkes tersebut melalui Soetrisno Bachir Foundation (SBF).

Soetrisno menyebutkan bahwa Yayasan SBF diketuai oleh Nuki dan sekretarisnya yang bernama Yuri. Sehingga menurutnya jelas bahwa semua dana sumbangan ke semua pihak akan melalui mereka berdua.

"Begitu juga saat saya bantu Pak Amien Rais. Itu dari dulu ya sejak tahun 1985-an. Artinya Pak Amien dapat aliran dana dari saya," jelas Soetrisno di Jakarta Selatan pada Jumat (2/6).

Ia juga menyebutkan bahwa bantuan untuk Amien Rais bukan dari dana perusahaan, namun dari pribadinya yang berikan melalui yayasan SBF.

Dia juga mengatakan bahwa pada 2007 ia mengaku adalah pihak swasta yang memberi sumbangan kepada Amien Rais.

"Kalo sekarang mau ditarik dari mana uang dari mana-mana itu, khususnya uang kebanyakan dari zakat, infaq dan sadaqoh dari Soetrisno Bachir itu masuk ke rekening bu Yuri untuk keperluan kegiatan sosial," jelasnya.

Karena itu, Soetrisno heran bila uang sumbangan tersebut dikaitkan dengan korupsi alkes. Menurutnya, tak ada kaitan dengan dana pribadinya yang disumbangkan ke sejumlah pihak termasuk Amien Rais.

"Jadi, gak ada kaitan itu, apalagi ke Pak Amien, jauh benar itu," tegasnya.