Basuki Kalah di Jakarta Ditolak di Bali, Netizen: Sudah Jatuh Diterkam Leak

Basuki memakai udeng, ikat kepala khas Bali

bersamaislam.com Jakarta - Setelah kekalahan terdakwa penista agama Basuki Tjahaja Purnama dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta beberapa waktu yang lalu, pria kelahiran Bangka Belitung tersebut disarankan oleh sejumlah pihak untuk bermigrasi ke Provinsi Bali dan menjadi Gubernur di sana karena saat kampanye Pilkada banyak warga Bali yang mengelu-elukan Basuki agar menjadi Gubernur Jakarta dan mengecam muslim yang tidak memilihnya sebagai warga intoleran.

Salah satu pendukung Basuki yang aktif berkampanye di dunia maya adalah desainer bernama Ni Luh Putu Ary Pertami Djelantik atau yang akrab disapa Niluh Djelantik. Wanita yang pernah bekerja di perusahaan fashion milik pengusaha Amerika Serikat, Paul Ropp di Bali tersebut kerap disindir oleh netizen karena kerap menyatakan bahwa tindakan menolak Basuki sebagai Gubernur Jakarta adalah sikap intoleran. Namun saat Basuki kalah dalam Pilgub, sejumlah netizen menyarankan kepada Niluh untuk mengkampanyekannya menjadi Gubernur Bali. Saran tersebut ditanggapi Niluh dengan sinis di laman twitter-nya.

"Buat kamu-kamu yang ngebet sindir sana-sini minta Pak Ahok jadi Gubernur Bali, ada baiknya kamu sekolah lagi, belajar ilmu sosial politik, tata cara pemilihan kepala daerah, pencalonan, proses pilkada. Menang aja nyinyirnya seperti ini, kebayang kalau kalah xixixixixi," tulis Niluh di akun facebook resminya pada Senin (24/4).

salah satu meme yang beredar di dunia maya

Jawaban tersebut ditanggapi oleh sejumlah netizen.

"Muslim Jkt tolak Ahok kau sebut intoleran. Hindu Bali tolak Ahok kau sebut kearifan lokal. Kalau bodoh secukupnya jgn berlebihan," tulis netizen bernama Endi Ramone.

"AhokForBali1, you now have your chance, dont blow it. Ahok suit you alright. Show us if Bali is the most tolerant province in Indo," ujar Octavia Ginoga‏.

"Gw yakin gk nyampe setahun ahok mimpin Bali semua pecalang  diumrohkannya ke sungai Gangga.. Kurang Hindu apalagi coba?," ‏ungkap Resty Seterah.

"DEMI MENJAGA KEBHINNEKAAN & TOLERANSI, MARI KITA DUKUNG TOTAL AHOK UNTUK GUBERNUR BALI ! #AhokForBali1," seru Boeng Parno.

"Tragedi AhokForBali1. Ahok ditolak oleh pendukung militannya @niluhdjelantik utk jadi Gubernur Bali. Sudah jatuh diterkam Leak namanya," ungkap akun bernama SiBonekaKayu.  

"Ketika warga Bali Tolak Ahok krn Ahok bukan Hindu..Hai Ahokers mau nuding mereka SARA?," sebut Ronald‏.

"Bali itu pulau dimana di dalamnya banyak insan religius. Banyak guru spiritual yg disucikan. Jadi Gak bakal mau nerima Ahok jadi Cagub," kata Tofa.

"Artis-artis pendukung reklamasi JKT, silahkan dukung ahok u/ Bali 1, jgn di Bali aja bersuara tolak reklamasi, tp di JKT pd migkem," sindir Mbah Uyok.

Hingga saat ini, salah seorang warga bernama Wika Ganesha telah membuat petisi yang berisi harapan agar Basuki bisa mencalonkan diri di Pilkada Provinsi Bali nantinya. Petisi tersebut telah ditandatangani oleh ribuan netizen dengan harapan agar pendukung Basuki di Bali membuktikan perkataan mereka bahwa warga Bali bukanlah warga yang intoleran karena bisa mengangkat pemimpin yang bukan beragama Hindu.