ILC TVOne Dilarang Tayang Oleh KPI? Ini Kata Karni Ilyas

Episode ILC "Setelah Ahok Minta Maaf" dan twit dari Karni Ilyas

bersamaislam.com Jakarta - Beredar isu di media sosial bahwa program talk show Indonesia Lawyers Club (ILC) di TV One dilarang tayang tiga bulan ke depan (selama Pilgub DKI 2017) karena ada sensor media oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Namun KPI menegaskan pemerintah tak pernah melakukan pelarangan. Komisioner Isi Siaran KPI, Dewi Setyorini, mengatakan program ILC belum diberhentikan. 

"Belum. Hingga saat ini masih dalam tahap peringatan saja atau early warning," kata Dewi, Senin (21/11) seperti diberitakan Tempo.

Menurut Dewi, beberapa kali program ILC memang mendapat peringatan dari KPI. Seperti ketika menayangkan episode terkait dugaan penistaan agama yang menjerat Gubernur DKI Jakarta non aktif, Basuki Tjahaja Purnama. 

"Banyak juga pihak – pihak yang ingin agar program itu dihentikan, tapi kami mengerjakannya harus sesuai dengan prosedur atau bertahap," katanya. 

Saat ini ILC telah mendapat peringatan oleh KPI dan diharapkan tidak mengulangi kejadian yang sama. Jika tidak ditanggapi dan tetap mengulangi kesalahan, tahap selanjutnya akan masuk teguran. "Teguran tertulis yang biasanya kami ajukan dua kali," ujar Dewi. 

Selanjutnya jika masih sama saja, KPI akan memanggil pihak yang terkait langsung dengan program tersebut.

"Misal, mereka yang berada di balik layar," kata Dewi. Setelah itu, baru dapat diputuskan sanksi yang akan diterima program itu. 

Dewi menjelaskan, KPI tidak dapat menghentikan suatu acara secara sepihak, kecuali jika ada suatu program yang tidak bisa lagi ditoleransi.

Sementara itu Karni Ilyas sebagai pembawa acara ILC, dalam akun Twitter-nya menyebutkan bahwa acara ILC untuk sementara diliburkan. Namun ia tidak menjelaskan dengan rinci kapan ILC akan kembali tayang.

"Dear Pecinta ILC: Diskusi ILC, Selasa besok, untuk sementara waktu, diloburkan. Sampai ketemu di ILC yang akan datang. Terima kasih," tulis Karni, Senin (21/11).

Tanggapan netizen pun cukup beragam terhadap cuitan Karni Ilyas tersebut, bahkan ada yang memunculkan tagar #SaveILC sebagai bentuk keprihatinan netizen.

“@ILC_tvOnenews @RadioShow_tvOne @karniilyas ada apa ini, mendadak libur, waduh, jangan jangan??? #SaveILC,” tulis Akun @_R_hidayat

“@ILC_tvOnenews @karniilyas ada yg takut kebenaran terexpose。Kalau Allah mau buka kebenaran, siapa yg bs nutup2in,” tulis akun‏ @h1lwz.

“DiLiburkan atau dPaksa Libur..?” komentar dari @MasErfan.