JK Rowling: Israel Harus Bertanggungjawab Atas Penjajahan Palestina

Penulis novel terlaris Harry Potter bernama J.K.Rowling mengkritik Israel agar bertanggungjawab atas penjajahan warga Palestina
J.K.Rowling

bersamaislam.com London - Penulis terkenal J.K.Rowling menyampaikan kritik di media setempat kepada Israel agar bertanggungjawab atas penjajahan warga Palestina. Penulis novel terlaris dunia berjudul Harry Potter ini menggunakan karakter Dumbledore untuk menjelaskan sikapnya pada situasi politik antar dua negara tersebut.

Seperti dilansir Lifestyle pada Minggu (25/10/15), kritikan tersebut ia lontarkan saat menjawa surat penggemar dari Palestina bernama Mia Oudeh, yang mempertanyakan sikap penulis atas masalah di negerinya. Rowling menjelaskan bahwa posisinya harus seperti Dumbledore yang bijaksana agar semua hal menjadi jelas.

Dalam surat berjudul 'Kenapa Dumbledore naik ke puncak bukit?', penulis menjelaskan bagaimana Profesor Dumbledore menunjukkan jawaban yang sempurna bagaimana seharusnya Palestina dan Israel harus bekerja sama, namun hal tersebut tak pernah terwujud karena sikap Israel yang selalu melanggarnya.

Ia menjelaskan bahwa "wizard" adalah "inti moral"dari setiap serial Harry Potter. Rowling mengatakan bahwa hal tersebut adalah simbol besar untuk usaha diplomasi, seperti keputusan Dumbledore untuk naik ke puncak bukit dan mengorbankan dirinya.

Rowling mengatakan bila Israel terus menyerang Palestina maka ia percaya perdamaian tidak akan pernah terwujud.

Ia juga turut meminta pertanggungjawaban atas penindasan rakyat Palestina oleh Israel.

"Rakyat Palestina telah menderita atas ketidakadilan yang tak terhingga atas kebrutalan Israel. Saya ingin melihat pemerintah Israel mempertanggungjawabkan ketidakadilan dan kebrutalan tersebut," tutup Rowling.

Post a Comment

0 Comments