Roadmap Facebook Untuk 10 Tahun Yang Akan Datang, Seperti Apa?

CEO Facebook, Mark Zuckerberg

bersamaislam.com - CEO Facebook, Mark Zuckerberg merilis rencana jejaring sosial miliknya dalam 10 tahun atau satu dekade ke depan. Berikut resumenya:

1. Bots menjadi 'new friend'

Bots atau Robot adalah sebuah program komputer. Facebook membolehkan perusahaan-perusahaan yang ingin membuat bots otomatis untuk meningkatkan servicenya kepada pelanggan di aplikasi FB Messenger agar pengguna dapat berinteraksi seperti menanyakan cuaca, meminta resume berita atau bahkan memesan burger dan bunga.

2. Lebih banyak video Live

Video sharing semakin populer di Facebook dan jejaring media sosial tersebut melihat adanya trend ke arah tayangan langsung atau Live. Data menunjukkan pengguna melihat tayangan video Live lebih lama dibanding video reguler, dan akan memberi komentar 10 kali lebih banyak.

Facebook merilis software yang akan memberi kesempatan kepada para pengembang untuk menayangkan video Live streaming dari perangkat apapun, misal dari sebuah Drone.

3. Algoritma Facebook untuk deteksi foto dan video

Facebook tengah membangun software yang mampu mengenali apapun yang ada dalam sebuah foto dan video yang diunggah ke timeline. User juga dapat mencari foto tertentu milik teman dengan mengetik kata kunci tertentu.

Misalnya anda dapat memasukkan kata "gunung" untuk mencari teman yang mengupload foto saat anda bersamanya melakukan pendakian pada musim liburan yang lalu.

4. VR menjadi cara baru bersosialisasi di dunia virtual

Facebook mempunyai dua headset virtual yang telah dipasarkan: The Oculus Rift and the Gear VR. Akan tetapi teknologi headset masih dalam tahap pengembangan awal dan hanya beberapa gam atau film saja yang bisa dinikmati.

Facebook berkeingingan agar Virtual Reality (VR) menjadi sesuatu yang dapat digunakan oleh setiap orang untuk bersosialisasi.

5. Rencana untuk me-rewire the Internet

Beberapa tahun terakhir, Facebook membuat projek yang bertujuan untuk dapat menghubungkan lebih banyak orang secara online.

Itu termasuk menyediakan akses internet bersubsidi untuk beberapa jenis layanan di puluhan negara di dunia dan bekerja pada sebuah pesawat tak berawak (drone) menggunakan teknologi tenaga surya - yang disebut Aquila - yang akan memancarakan internet ke daerah-daerah rural yang akan sangat mahal jika menggunakan teknologi selular.

***

"Saya merilis roadmap Facebook 10 tahun ke depan dan semua yang telah kami bangun untuk membuat dunia lebih terbuka dan terhubung," kata Mark Zuckerberg melalui laman Facebooknya, Selasa (12/04/2016).

"Kami juga akan mambangun pesawat dan satelit untuk menghubungkan setiap orang di dunia ini dengan internet, teknologi artificial intelligence untuk membantu kita berinteraksi dengan layanan jasa lebih mudah, dan VR untuk pengalaman dengan dunia baru," tambahnya.

"Saya selalu percaya bahwa memberi lebih banyak orang informasi akan membuat dunia menjadi tempat tinggal yang lebih baik, dan saya sangat gembira dengan masa depan yang akan kita bangun bersama-sama," pungkasnya. (rms)