Ternyata Indonesia Impor Limbah Dari Negara Israel

Ternyata Indonesia masih impor besi tua, kondensor, turbin, fruktosa, dan bahan kimia dari negara Israel
Tentara Israel sedang memeriksa pengiriman barang (img:commodities) 

bersamaislam.com Jakarta - Ternyata negara Indonesia sering mengimpor barang dari negara Israel yang tempo hari dikritik oleh Presiden Joko Widodo, salah satunya adalah besi tua dengan jumlah yang tidak sedikit. Hal tersebut diamini oleh Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS), Sasmito Hadi Wibowo. Ia mengatakan bahwa besi-besi tua tersebut merupakan limbah aluminium dan tembaga.

"Limbah aluminium dan tembaga, itu yang tadi saya bilang barang-barang besi tua. Kita biasa menyebut barang tersebut besi tua. Banyak besi-besi tua yang bisa jadi bekas perang tak terpakai, kemudian dipesan oleh orang kita," kata Sasmito seperti dikutip detikFinance, Selasa (8/3/2016).

Sasmito menduga besi tua tersebut dipakai untuk industri dalam negeri. Menurutnya, para importir hanya membayar ongkos angkut untuk memasok limbah tersebut dari Israel.

"Cuma untuk biaya angkut aja itu. Di negara sana udah gak ada nilai, dijual ke kita," ujar Sasmito.

Ia melanjutkan, Indonesia juga mengimpor barang lain seperti kondensor, turbin dengan dengan power 40 Mega Watt, fruktosa (yang merupakan sejenis gula), serta bahan-bahan kimia lainnya.

"Periode impor dimulai dari bulan Januari hingga Desember 2015," katanya.

Langkah tersebut mencederai sebuah pernyataan yang pernah dilontarkan oleh Presiden Joko Widodo bahwa Indonesia akan memboikot produk Israel. Namun kemudian ia meralat bahwa Indonesia hanya akan memboikot kebijakan politiknya saja. (mh)

Post a Comment

0 Comments