Pejabat Kedutaan Saudi Beberkan Peristiwa Penyerangan Kedubes di Iran

Seorang pejabat kedutaan Arab Saudi untuk Iran, kanan, tiba dengan selamat di Riyadh pada Minggu malam paska penyerangan kantor kedubes di Teheran oleh demonstran syiah. (Foto: Arabnews)

bersamaislam.com - Riyadh, Pejabat kedutaan besar Arab Saudi di Teheran, yang tiba di Riyadh dengan selamat setelah peristiwa penyerangan kantor kedubes, menuding pemerintah Iran tidak melakukan tindakan apapun untuk melindungi mereka dari tindakan anarkis pada demonstran syiah.

Mohammed bin Ali-Qaidhi, yang tiba dari Dubai pada Senin (04/01/2016) malam mengatakan, sekelompok pria bertopeng memasuki gedung kedutaan dan merampok beberapa barang milik pemerintahan Saudi.

Ali-Qaidhi membeberkan jika petugas keamanan tidak peduli dengan situasi yang terjadi, bahkan listrik sempat mati selama satu jam lebih pada saat penyerangan berlangsung.

Pejabat Iran juga dianggap telah melecehkan mereka ketika hendak meninggalkan negara syiah itu.

"Kami ketinggalan penerbangan karena ada upaya pelambatan secara sengaja saat proses pemeriksaan paspor di imigrasi," katanya di Arabnews, Rabu (06/01/2016).

Mereka harus menunggu lebih dari dua jam sebelum akhirnya dapat berangkat.

Pejabat Saudi tersebut justru mengucapkan terima kasih kepada Uni Emirat Arab karena telah membantu proses keberangkatan mereka dari Teheran. Anwar Al-Gargash, Menteri Luar Negeri UEA bersama duta besar Arab Saudi untuk UEA bertemu mereka di bandara dan membantu menghubungkan dengan Riyadh. (ay/arabnews)

Post a Comment

0 Comments