Subhanallah, Ini Aa Gym atau Legolas? Foto Yang Bikin Hati Meleleh

olahraga panahan aa gym sambil berkuda
Aa Gym saat menunggang kuda sambil memanah
bersamaislam.com - Berkuda adalah sebuah keahlian yang disebutkan dalam hadits untuk diajarkan karena sangat diperlukan dalam perjuangan menegakkan agama Allah, terutama jika suatu saat terjadi peperangan fisik.

Nabi Muhammad SAW bersabda yang diriwayatkan secara shahih oleh Bukhari Muslim, "Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah".

Aa Gym

Seperti diketahui, kuda adalah binatang yang sangat kuat sehingga mampu mengangkat manusia sambil berlari kencang. Kelebihan binatang inilah yang dimanfaatkan oleh Rasulullah SAW dan para sahabat dulu untuk memudahkan menyerang musuh-musuh Islam di masa lalu.

Tentu saja penunggang harus bisa mengimbangi gerakan cepat sang kuda. Jika tak lihai, bisa jatuh dan cedera berat. Dalam kehidupan nyata, hakikat berkuda dapat bermakna pengendalian diri, menumbuhkan rasa percaya diri dan memupuk keberanian.

Demikian halnya dengan memanah, senjata yang sudah dipakai sejak ribuan tahun lalu ini banyak digunakan untuk memenangkan peperangan.

Dengan berkuda, memakai peralatan panahan menjadi lebih sulit namun lebih efektif dalam penyerangan.

Hal tersebut yang sedang dipraktekkan oleh dai terkenal Ustadz Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dalam sebuah foto yang viral di media sosial.

Aa terlihat sedang latihan berkuda sambil memanah yang merupakan tingkatan paling sulit dalam olahraga tersebut. Namun sang ustadz yang menjadi pembina pesantren Daarut Tauhid tersebut sukses memanah sasaran dengan tepat.

Aa Gym lengkap dengan sorban yang menjadi ciri khasnya
Netizen memuji aktivitas Aa Gym tersebut. "Ulama olahraganya mumtaz" kata Bin Sulaiman di Facebook.

Dai yang terkenal dengan slogan jagalah hati itu memang memiliki hobi yang cukup komplit. Aa juga pernah belajar mengemudikan pesawat terbang dan moge (motor gede). Banyak kaum muslimin yang terinspirasi dari sosok Aa untuk menjadi sosok muslim yang serba bisa. (mh)