Masya Allah, Jamaah Haji Tahun Ini Akan Menikmati Tawaf Dari Empat Lantai Mataf

Ka'bah dan Masjidil Haram, Mekkah (Foto: Al Arabiya News)

bersamaislam.com - Setelah membuat mataf sebanyak dua lantai, kini pemerintah Arab Saudi berencana menambah area tawaf di sekitar Ka'bah tersebut menjadi empat lantai. Pelaksanaannya di targetkan selesai pada awal September yang akan datang.

Mataf adalah kawasan di sekitar Ka'bah yang dijadikan tempat melakukan tawaf oleh jamaah haji dan umroh. Sejak tahun 2013 lalu, telah dibangun dua lantai berbentuk lingkaran mengelilingi Ka'bah sebagai area tambahan untuk melakukan tawaf yang disebut dengan Mataf Lower Bridge dan Mataf Upper Bridge.

Sebagaimana dilansir Al Arabiya News hari ini (23/08/2015), konstruksi lantai ketiga telah selesai yang luasnya mencapai 76.000 meter persegi.

"Kita telah menambah kapasitas mataf di Masjidil Haram, Mekkah. Ini adalah tahap ketiga dari Proyek Ekspansi King Abdullah Bin Abdulaziz. Seluruh jamaah haji tahun ini akan dapat melakukan tawaf dari keempat lantai mataf tersebut," demikian penjelasan Sultan Al-Qurashi, manajer proyek untuk perluasan haramain atau dua mesjid suci.

Sultan juga menerangkan, kapasitas Masjidil Haram akan meningkat dan mampu menampung hingga 114,000 jamaah setiap jamnya.

"Seluruh pekerjaan konstruksi akan berakhir pada tanggal 09 September 2015 yang akan datang. Sehingga seluruh jamaah haji akan dapat melakukan ibadah dengan tenang dan nyaman. Kita akan melanjutkan pekerjaannya kembali pada tanggal 14 Oktober 2015 yaitu untuk membangun tiga jembatan utama," tambah Qurashi.

"Kita juga telah menyediakan lantai khusus untuk jamaah dengan kekurangan fisik agar mereka tetap dapat melakukan ibadah dengan menggunakan kursi roda," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz, telah meluncurkan Proyek Ekspansi Ketiga untuk Masjidil Haram pada bulan Ramadhan 1436 Hijriah yang lalu. Proyek ini adalah kelanjutan dari ekspansi yang telah digagas oleh pendiri negara Saudi, King Abdulaziz bin Abdulrahman dan diteruskan oleh Raja sebelumnya yaitu Raja Saud dan Raja Faisal. Pembangunan yang telah dilakukan meliputi perluasan taman timur, perluasan mesjid area barat dan perluasan mataf oleh Raja Abdullah bin Abdulaziz Al Saud.

Raja Salman sendiri merancang lima proyek sebagai bagian dari tahap ketiga ini dan mentargetkan seluruh proyek akan selesai dimasa kepemimpinannya. Jika seluruh rancangan ini selesai, maka masjidil haram akan mampu menampung hingga 1,6 juta jamaah. Masya Allah.